Loading

Sudah Berjalan 2 Minggu, Pelayanan KIR Dishub Kabupaten Bogor Terapkan Sistem Online


Penulis: Irvan-Edison/Editor: Mbayak Ginting
2 Tahun lalu, Dibaca : 2776 kali


Kasi Pengujian KIR Dishub Kabupaten Bogor Aam Maulana (Foto: Irvan)

KABUPATEN BOGOR, Medikomonline.com - Guna mencegah terjadinya pungutan liar maupun praktik percaloan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor menerapkan sistem online dalam pelayanan uji Kir kendaraan.

“Ini terobosan kita agar pelayanan lebih optimal dalam hal teknis, karena perlu ada perubahan dalam system. Saya sudah empat kali merubah mulai dari waktu yang kita atur sampai kita inisiatif dengan sistem online ini,” kata Kasi Pengujian Kir Dishub Kabupaten Bogor Aam Maulana, saat ditemui Medikom, Selasa (27/4/2021).

Aam mengatakan, perubahan ini secara tupoksi tuntutan dari Kementrian Perhubungan, untuk meningkatkan grade (kelas-red) pelayanan dengan memanfaatkan ITE.

"Masyarakat dapat mendaftar dulu setelah semuanya persaratannya lengkap, baru nanti diberitahukan kapan waktu uji kendaraannya. Untuk saat ini, pembayaran melalui Bank BJB yang merupakan rekanan Pemerintah Daerah," tutur Aam.

Aam menambahkan, semuanya harus sesuai prosedur. Jadi bisa dilihat sembari Aam menunjuk ke arah parkiran Kir. Cuma ada beberapa kendaraan saja, tidak seperti dulu lagi. Jadi masyarakat juga lebih efisien dari segi waktu, mempermudah dan mempercepat proses uji Kir tersebut.

“Tidak usah antri di loket, bisa daftar kapan saja sesuai jadwal batas akhir uji Kir kendaraannya,” katanya. 

Tag : No Tag

Berita Terkait