Loading

Wakil Bupati Karo Serahkan Sertifikat Indeks Kepuasan Masyarakat


Penulis: Tekwasi/Editor: Mbayak Ginting
4 Tahun lalu, Dibaca : 916 kali


Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang menyerahkan sertifikat Indeks Kepuasan Masyarakat kepada unit penyelenggara pelayanan publik di Kabupaten Karo. (Foto: Humas Pemkab Karo)

KABANJAHE, medikomonline.com - Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang didampingi Sekda Kabupaten Karo Drs Kamperas Terkelin Purba MSi dan Asisten Ekbang David Tri Mei Sinulingga menyerahkan sertifikat Indeks Kepuasan Masyarakat kepada unit penyelenggara pelayanan publik di Kabupaten Karo Tahun 2018. Acara ini diselenggrakan di Aula Kantor Bupati Karo, Selasa (19/2/19) lalu.

Sebanyak 41 unit penyelenggara pelayanan publik sudah melakukan survey kepuasan masyarakat dan mengolah data yang terdiri dari: 6 perangkat daerah, 16 kecamatan, dan 19 puskesmas.

Indeks kepuasan layananan masyarakat ini dihasilkan melalui survey kepuasan masyarakat terhadap unit penyelenggaraan pelayanan public dengan menggunakan metodologi survey yang sudah ditentukan.

Indeks kepuasan masyarakat yang dihasilkan dituangkan dalam bentuk sertifikat IKM, serta sertifikat IKM ini wajib dipublikasikan penyelenggra pelayanan publik di ruang pelayanan publik sampai indeks kepuasan masyarakat yang baru dihasilkan.

Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang menyebutkan, indeks kepuasan masyarakat ini merupakan elemen penting dalam proses evaluasi kinerja yang bertujuan untuk menyediakan pelayanan yang lebih baik, yaitu pelayanan yang lebih muda, lebih murah dan lebih cepat.

“Pelayanan yang lebih baik akan meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap penyelenggara pelayaanan public. Indeks kepuasan masyarakat ini dapat dijadikan acuan berhasil atau tidaknya pelaksanaan program yang dilaksanakan pada suatu lembaga pelayanan publik, serta menjadi dasar untuk berbenah dan meningkatkan pelayaanannya sehingga ke depannya indeks kepuasan masyarakat di Kabupaten Karo meningkat,” ungkap Wakil Bupati Karo.

“Diharapakan pada tahun 2019 ini, indeks kepuasan masyarakat dapat lebih ditingkatkan dengan cara-cara yang lebih kreatif dan inovatif sehingga Kabupaten Karo dapat menjadi salah satu daerah yang mendapat bagian dalam top inovasi pelayanan publik terbaik di Provinsi Sumatera Utara, bahkan di Indonesia,” tambah Wakil Bupati Karo.

Adapun unit penyelenggara pelayanan publik yang mendapat indeks kepuasan masyarakat dengan Kinerja Unit Pelayanan Baik Sekali (A) adalah Puskesmas Payung, Kecamatan Dolat Rayat, dan Puskesmas Tiga panah.

Acara ini diikuti oleh para staf ahli, asisten, pimpinan OPD, para camat dan kepala Puskesmas se-Kabupaten Karo dan undangan lainnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait