Loading

500 Pelajar dan Santri YPI Darul Muallamah Serang Baru Divaksin Sinovac


Penulis: Agus Nuryadin/Editor: Dadan Supardan
2 Tahun lalu, Dibaca : 1370 kali


Pimpinan YPI Darul Muallamah, didampingi Kadin Perdagangan, Kanit Binmas, Kepala Desa dan Ketua BPD Nagasari, Koordinator Bidan Puskesmas Sirnajaya, menyaksikan pelaksanaan vaksinasi covid-19 di YPI D

SERANG BARU, Medikomonline.com - Sebanyak 500 Pelajar dan Santri Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Darul Muallamah Kp Pasir Kupang Desa Nagasari Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi dan pelajar disekitarnya di Vaksin dosis pertama Sinovac. Kegiatan vaksinasi covid-19 tersebut dilaksanakan di Gedung Olahraga YPI Darul Muallamah, pada Kamis (02/09/2021).

Pimpinan YPI Darul Muallamah KH. Iip Sarip Bustomi, SE MSi, mengatakan, kami sangat bersyukur dengan adanya pelaksanaan vaksinasi covid-19 di tingkat sekolah dan pondok pesantren khususnya untuk pelajar dan santri YPI Darul Muallamah untuk vaksin dosis pertama. Tentu saja ini atas kerjasama pihak Yayasan dengan Tenaga Kesehatan (Nakes) dibawah koordinasi Pemerintah Kabupaten Bekasi dengan segenap jajarannya.

Foto bersama KH Iip Sarip Bustomi, Kadin Perdagangan, Ketua BPD, Sekcam, Koordinator Bidan Puskesmas Sirnajaya, Para Kasi kec. Serang Baru, usai acara pelaksanaan vaksinasi. (AGUS NURYADIN/MEDIKOMONLINE.COM)

"Alhamdulillah saya ucapkan terima kasih kepada Nakes Puskesmas Sirnajaya Kec. Serang Baru yang telah melakukan vaksinasi terhadap para pelajar dan Santri di YPI Darul Muallamah, begitu pun terhadap para pelajar yang antusias mengikuti program vaksinasi ini," katanya kepada Medikomonline.com, Kamis (02/09/2021).

Mudah-mudahan vaksinasi lanjutan atau yang keduanya dapat diselenggarakan kembali ditempat ini (red: YPI Darul Muallamah). Melihat kondisi atau keadaan terkini, dirinya pun ingin menghimbau dan mengedukasi terhadap lingkungan masyarakat sekitar jika masih terdapat keraguan terhadap vaksinasi. Dimungkinkan terdapat pemahaman yang bervariasi dari masyarakat tentang vaksinasi ini. Diharapkan semua dapat menyadari bahwa vaksinasi merupakan ikhtiar peningkatan derajat kesehatan dan salah satu upaya manusia untuk pencegahan penularan virus korona covid-19, dan diharapkan partisipatifnya.

"Saya berharap semua masyarakat memahami dan menyadari pentingnya vaksin sebagai upaya dan ikhtiar logis. Karena secara empiris ilmiah setelah di vaksin diharapkan akan tercapai Herd Immunity atau imunitas yang mayoritas," tandasnya.

Walaupun, ujarnya lagi, YPI Darul Muallamah itu bukan lah tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19, tapi siap jika vaksinasi untuk pelajar di laksanakan di tempat ini. Seperti saat ini, pelaksanaan vaksinasi untuk pertama bagi pelajar khususnya di kecamatan serang baru. Vaksinasi untuk pelajar dan santri di YPI Darul Muallamah ini belum lah terlambat (telat), sebab pemerintah langsung merespon keinginan sekolah untuk vaksinasi, agar pembelajaran tatap muka diharapkan dapat segera dimulai.

"Segala situasi menjadi pulih dan normal kembali tentu menjadi harapan semua pihak. Pun didunia pendidikan walaupun terdapat hikmah peningkatan aplikatif teknologi pembelajaran tetapi pembelajaran daring adalah "jalan darurat" demi prioritas yang lebih tinggi yaitu kesehatan dan keselamatan jiwa. Sebab tatap muka yaitu interaksi siswa dengan guru disatu tempat dan waktu yang secara langsung pasti disepakati tetaplah "model paling ideal".

Ia pun hanya menginginkan, ayo kita semangati dan sikapi kemudian sambut program vaksin ini dengan antusiasme dari semua lapisan masyarakat demi percepatan Herd Immunity tadi. Sehingga mudah-mudahan pandemi Covid-19 segera berakhir dan pembelajaran tatap muka bisa dilaksanakan. 

"Dan keadaan disektor lainnya seperti ekonomi dn kegiatan sosial kemasyarakatan pun pulih seperti sedia kala," harapnya.

Sekcam Serang Baru Sugiyana menegaskan, kegiatan vaksinasi untuk pelajar khususnya untuk di Kecamatan Serang Baru, baru dimulai hari ini di YPI Darul muallamah dengan target 500 orang, rinciannya yang terdiri dari 400 orang untuk YPI Darul Muallamah dan yang 100 dari luar. Kenapa para pelajar harus di Vaksin, karena dikhawatirkan timbulnya kluster baru dari pelajar, saat dibukanya pembelajaran tatap muka.

"Semoga setelah divaksinnya para pelajar, semuanya menjadi kebal imun tubuhnya, jika pun terpapar covid-19, tidak separah yang belum di vaksin," tuturnya.

Lanjut Sekcam, ia berharap siswa yang baru di vaksin kemudian ada keluhan agar melaporkan ke medis, atau nomor kontak yang tercantum di kartu vaksin. Bagi yang belum di vaksin agar segera di vaksin, supaya tercapainya herd Immunity (Kekebalan Kelompok).

"Kegiatan vaksinasi covid-19 di YPI Darul Muallamah merupakan yang pertama, selanjutnya akan dilakukan vaksinasi di SMAN 1 Serang Baru dengan sasaran 1000 pelajar," tutupnya.

Perlu diketahui yang di vaksinasi di Yayasan Pendidikan Islam Darul Muallamah sekitar 500 orang yang terdiri dari siswa SMP 200, SMA 150, MTs 100, Madrasah Aliyah 50. 


Tag : No Tag

Berita Terkait