Loading

Advokat Bahtera Gurning Berikan Edukasi Hukum Hubungan Industrial Karyawan dan Manajemen PT Gunung Salak Sukabumi


Penulis: Kuswanto/Editor: Mbayak Ginting
3 Tahun lalu, Dibaca : 955 kali


Advokat Bahtera Gurning memberikan edukasi hukum hubungan industrial manajemen di PT Gunung Salak Sukabumi agar tetap bertahan.

BOGOR, Medikomonline.com -  Di tengah situasi pandemi Covid-19 semakin memprihatinkan, Advokat Bahtera Gurning memberikan edukasi hukum hubungan industrial manajemen di PT Gunung Salak Sukabumi agar tetap bertahan.

Hal dilakukan Bahtera Gurning yang mendirikan Rumah Hukum di PWI Kabupaten Bogor, melihat kondisi pandemi Covid19 semakin memprihatinkan.

"Meski sudah masuk pertengahan bulan Februari di tahun 2021. Berdampak semua sektor termasuk sektor usaha atau bisnis bergerak sangat lambat, bahkan cenderung stagnan, " kata Bahtera Gurning saat memberikan edukasi kepada manajemen PT Gunung Salak, Kamis (18/2/2021).

Menurutnya, sudah barang tentu berdampak pada masyarakat, seperti dirumahkan, kehilangan pekerjaan. Bahkan sulit mencari pekerjaan saat pandemi yang belum berakhir ini.

"Jadi perlu perhatian, kesadaran serta pemahaman yang baik untuk saling menjaga keharmonisan antara karyawan dan manjemen di dalam suatu perusahaan sehingga terjaga eksistensi perusahaan khususnya dalam situasi pandemi Covid-19," paparnya.

Bahtera Gurning seorang profesional di bidang hukum yang menekuni bidang hukum dan tenaga kerja, keseharianya aktif mengurusi advokasi terkait masalah hubungan industrial di perusahaan perusahaan.

Ia menyampaikan pemikirannya setelah pertemuan musyawarah antara perwakilan karyawan dan manajemen di PT Gunung Salak Sukabumi, di Desa Babakan Sari, Kabupaten Sukabumi, Senin (15/02/2021).

"Diperlukan peran kepedulian saat pandemi Covid19, agar disadari oleh semua pihak baik karyawan maupun perusahaan," kata Bahtera Gurning yang juga pengurus Bidang Hukum DPK Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sukabumi, pengurus bidang.

Sebagai praktisi Hukum HRD Asosiate Kabupaten Sukabumi, Kordinator Bidang Hubungan Industri Peradi DPC Kota Bogor, dan Tim Advokasi Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Bogor Gurning menyampaikan beberapa pemikirannya, atau edukasi tentang hukum dan tenaga kerja. Khusus pada saat pandemi Covid19 ini baik manajemen perusahaan maupun karyawan harus sama-sama saling jaga perusahaannya agar tetap berjalan dengan baik.

Ia menggambarkan, salah satu bukti rasa saling memiliki yaitu dapat ditunjukkan dengan bekerja dengan baik. Walau tidak menutup kemungkinan timbul problem di dalam tempat kerja, namun cara mengatasinya sebenarnya dikembalikan dengan komunikasi yang baik dan ikuti aturan undang-undang yang berlaku.

Advokat Bahtera dalam memberikan pemahamam hukum di PT Gunung Salak Sukabumi mengapresiasi banyak perusahaan yang sama-sama sedang berjuang mempertahankan usahanya dan menaati protokol kesehatan.

Karena itu, dia tegaskan, perlunya pemahaman hukum yang baik menjadi pedoman bersama dalam menyelesaikan masalah di dalam perusahaan. Misalnya, jika ada permasalahan ditempuh mekanisme perundingan bipartit, tripartit hingga penyelesaian masalah di pengadilan.

Di samping itu, ia mengingatkan, agar hubungan industrial, terutama saat pandemi baiknya menghindari hal-hal yang bisa merugikan bersama. Jika timbul masalah perlu dianalisa masalah, dikaji dan dicari akar permasalahan. Mengapa bisa terjadi ? Sambil mencarikan solusi yang tepat agar perusahaan tetap eksis alias tidak tutup. Hindari masalah yang menyebabkan perusahaan tutup menimbulkan pengangguran baru.

"Mari kita harus jaga bersama-sama supaya perusahaan tidak tutup, terutama perusahaan yang banyak menyerap tenaga kerja, " tegasnya.

Pada kesempatan ini, Advokat Bahtera juga mengapresiasi rekan-rekan pangusaha, pengurus Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia), HRD Associate khususnya di wilayah Kabupaten Sukabumi selalu bersinergi dan berjuang mempertahankan tempat kerjanya, terutama yang banyak pabrik padat karya di wilayah bertahan produksi.

"Perlu juga semua kalangan bersama-sama jaga protokol Covid19 , ikuti aturan pemerintah baik di dalam maupun di luar perusahaan. Pandemi ini harus kita lawan bersama dan juga semoga dengan kesabaran, maka kita bisa bersama-sama melaluinya dengan baik," kata Bahtera dengan senyuman lesung pipit khas dan kumis tipisnya. 

Tag : No Tag

Berita Terkait