Loading

Disdik Sumedang Kirim Kontingen Kompetisi Sains Nasional SD ke Jabar


Penulis: Nanang/Editor: Mbayak Ginting
3 Tahun lalu, Dibaca : 1738 kali


Kasi Kesiswan Bidang Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Rinrin Puspa Marina SPd Msi.

SUMEDANG, Medikomonline.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumedang mengikuti Kompetisi Sains Nasional Sekolah Dasar (KSN-SD) tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Rabu (7/10) secara daring di rumah masing-masing peserta lomba. Adapun waktu pelaksanaannya, yaitu mata pelajaran matematika selama satu jam dari pukul 09.00 sampai pukul 10.00. Untuk mata pelajaran IPA mulai pukul 13.00 hingga 14.00.

Kepala Dinas Pendidikan Sumedang Agus Wahidin melalui Kasi Kesiswaan Bidang Sekolah Dasar Rinrin Puspa  Marina SPd MSi mengatakan, kompetisi Sains Nasional Sekolah Dasar (KSN-SD) sebelumnya bernama Olimpiade Sains Nasional (OSN).

“Kegiatan ini, merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Matematika dan IPA. Sehingga, siswa diharapkan lebih kreatif dan inovatif,” ujar Rinrin di ruang kerjanya, Kamis (8/10).

Dikatakannya, tujuan umum Kompetisi Sains Nasional Sekolah Dasar (KSN -SD) tahun 2020, sebagai wahana kompetisi dalam bidang matematika dan IPA bagi peserta didik SD dan atau yang sederajat. Terutama, untuk meningkatkan mutu pendidikan, khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter.

“Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam menumbuhkembangkan budaya belajar, kreativitas dan motivasi berprestasi,” tandasnya.

Disebutkan Rinrin, penyelenggaraan KSN-SD tingkat Provinsi 2020, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Yaitu, dilaksanakan secara daring di rumah masing-masing peserta.

Dijelaskan, hal ini dilakukan karena adanya pandemi Covid 19. Walaupun begitu, di masa pandemi Covid 19 kegiatan ini tetap dilangsungkan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang melaksanakan seleksi tingkat Kabupaten pada 13 Maret 2020 di SDN Tegalkalong. Kegiatan ini diikuti dengan jumlah peserta sebanyak 156 orang dari berbagai sekolah dasar di Kabupaten Sumedang.

Dijelaskan, hasil seleksi tingkat kabupaten yang berhasil lolos selanjutnya mengikuti seleksi tingkat provinsi. Di antaranya, untuk bidang Matematika Muhammad Alqy Khoiry dari SDN Darmaraja I Kecamatan Darmaraja, Naya Qonita dari SDIT Insan Sejahtera Kecamatan Sumedang Selatan, dan Atun Darojatun Aliyah dari SDN Darongdong Kecamatan Buahdua.

Untuk bidang IPA yaitu Trian Egi Novian dari SDN Cikandang Kecamatan Cimanggung, Nailah Wafa Ayudia Hariyanto dari SDIT Insan Sejahtera Kecamatan Sumedang Selatan dan Rey Bengras Panuntun dari SDN Sukanagara Kecamatan Darmaraja.

Tag : No Tag

Berita Terkait