Loading

Ekspo Pendidikan Harus Menjadi Spirit dan Mampu Menjawab Tantangan Zaman


Penulis: Herz_Cms
1 Tahun lalu, Dibaca : 767 kali


Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya, Wakil Bupati Yana D Putra, Sekda Kabupaten Dr H Tatang MPd, Sekdis Pendidikan Kabupaten Ciamis Endang Kuswana SIP MM beserta jajaran OPD Kabupaten Ciamis.

KAB. CIAMIS, Medikomonline.com - Gelar ekspo pendidikan Kabupaten Ciamis tahun 2022 digelar di halaman Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Propinsi Jawa Barat, Rabu (15/6/2022).

Dalam sambutanya Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya sekaligus membuka acara gelaran ekspo pendidikan ini mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis yang telah mampu melakukan inovasi, kreatif guna menyongsong implementasi pada kurikulum merdeka.

“Kita Ciamis punya niat maju di semua sektor. Maju tidak hanya sekedar maju, tetapi kita harus maju di semua lini,” kata Bupati.

Dirinya mengajak semua Aparatur Sipil Negara (ASN) termasuk guru harus mempunyai inovasi dan kreasi dalam membangun.

Apalagi ASN atau guru ini menurutnya, bagian dari pemimpin juga. Untuk itu tentu perlu menyematkan pada diri sendiri bahwa kita juga harus bisa menjadi contoh/suri teladan bagi masyarakat di lingkungannya.

Teknologi merupakan tantangan zaman. “Untuk itu pendidikan inipun harus mampu menjawab tantangan zaman, apalagi sekarang ini kita dihadapkan dengan tantangan teknologi, maka ini perlu disikapi sedini mungkin dan perlu inovatif dan memotivasi semua pihak,” kata Bupati.

Bahagia sekali dengan kegiatan ini dan harus juga mampu meningkatkan/menstimulus semua organ khususnya di dunia pendidikan Ciamis.

Herdiat menyampaikan pula kondisi saat ini Kabupaten Ciamis, alhamdulillah dalam keadaan zero sepekan ini. “Sudah dua tahun yang lalu kita mengalami pandemi covid 19. Mudah – mudahan covid 19 ini tidak datang lagi, dan kami semua bisa beraktifitas kembali seperti biasa,” tutupnya.  


Foto : Sekretaris Dinas Pendidikan, Endang Kuswana, S,IP, MM

Sekretaris Pendidikan Kabupaten Ciamis, Endang Kuswana, S,IP, MM mengatakan rasa syukur dan alhamdulillah pada kesempatan ini bisa dilaksanakan ekspo pendidikan tingkat Kabupaten.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menstimulasi kreatifitas peserta didik dan pendidik serta mengembangkan pada bidang sains dan teknologi, meningkatkan kemampuan teknologi (melek teknologi) pendidik khususnya dalam mengoperasikan printer 3D untuk 300 tenaga pendidik.

Juga menyebarluaskan informasi adanya kampung sains di Kabupaten Ciamis sebagai wadah penggalian potensi SDM bidang sains dan teknologi melalui kteatifit dan inovatif pendidik jenjang TK, SD, SMP dan STEAM serta masih banyak lagi tujuan demi meningkatkan pendidikan di Ciamis.

Dalam kesempatan itu pula, Endang Kuswana menyampaikan kata maaf karena pada kesempatan ini, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis tidak bisa hadir karena sedang menjalani pendidikan di Bandung untuk beberapa bulan kedepan. Sehingga dirinya mewakili acara ini,” katanya.

Dalam kesempatan itupun, Endang Kuswana mengucapkan selamat Hari Jadi Kabupaten Ciamis yang ke 380 tahun dan mengajak insan pendidikan mari kita tambah semangat dan siap berkomitmen dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia demi Ciamis kedepan lebih maju,” harapnya. 

Foto ; 43 stand ekspo dari berbagai wilayah pelosok Kabupaten Ciamis.

“Ekspo ini terdiri dari 43 stand dan anggaran ini diselenggarakan dari APBD Kabupaten Ciamis,” tutup Endang.

Saking bahagianya melihat penampilan berbagai kreasi seni pertunjukan anak – anak peserta didik, Bupati dan seluruh jajaran sangat bahagia dan mengapresiasi langsung memberikan penghargaan usai setiap pertunjukan masing – masing skil peserta didik yang juga juara tingkat propinsi dan nasional. 

Tag : No Tag

Berita Terkait