Loading

Ikopin Resmi Berubah Menjadi Universitas


Penulis: Nanang/Editor: Mbayak Ginting
2 Tahun lalu, Dibaca : 1007 kali


Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir menghadiri Soft Launching Ikopin University di Aula Bustanul Arifin Kampus Ikopin University Jatinangor.

SUMEDANG, Medikomonline.com -Setelah berusia 40 tahun sejak 7 Mei 1982, akhirnya Institut Manajemen Koperasi Indonesia (Ikopin) berubah menjadi Universitas Koperasi Indonesia atau Ikopin University berdasarkan  pada Surat Keputusan (SK) Mendikbudristek Nomor 0310/E1/KB.03.00/2022 pada tanggal 18 Januari 2022.

Soft Launching Ikopin University berlangsung Sabtu, (12/3/2022) di Aula Bustanul Arifin, Kampus Ikopin University, Jatinangor.

Kegiatan yang bertemakan “Dengan Teknososiopreneur, Ikopin University Sigap Menata Bersama Indonesia Maju 2045" itu merupakan kegiatan awal dari Grand Launching Ikopin University yang rencananya digelar Juli 2022 mendatang.

Acara Soft Launching dimeriahkan dengan pemutaran Video Ikopin University, pemotongan nasi tumpeng dan pelepasan balon oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir serta Penandatanganan MoU antara YPK, IKA IKOPIN dengan IDOOH.  

Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir menghadiri Soft Launching Ikopin University di Aula Bustanul Arifin Kampus Ikopin University Jatinangor.

Rektor Ikopin University H Burhanuddin Abdullah dalam sambutan yang disampaikan secara virtual mengungkapkan, perubahan Ikopin menjadi Universitas Koperasi Indonesia merupakan perubahan bentuk yang lebih luas.

"Ikopin menjadi universitas merupakan perubahan bentuk yang lebih luas. Ikopin University pada tingkat regional 'is the one and only' universitas koperasi di ASEAN. Tidak ada di negara lain," ujarnya.

Dikatakannya, Ikopin University kini hadir dengan semangat dan harapan yang baru untuk menjadi perguruan tinggi yang berkarakter, unggul dan inovatif dengan adanya penambahan  program studi akademik.

"Semula hanya bidang Manajemen, Akuntansi dan Syariah serta D3 di bidang Bisnis dan Magister di bidang Manajemen. Kini bertambah dengan adanya D3 Manajemen Bisnis, S1 Manajemen, S1 Akuntansi, S1 Ekonomi Syariah, S1 Teknologi Pangan, S1 Agribisnis, S1 Sains Data, juga S2 Manajemen," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir mengapresiasi atas transformasi yang dilakukan oleh Ikopin sehingga akan menjadi alternatif bagi warga Sumedang untuk melanjutkan pendidikan.

“Kebanggaan dan kebahagiaan bagi kami selaku Pemerintah Kabupaten Sumedang, karena di Jatinangor kini  hadir universitas baru. Tentunya kehadiran Ikopin  University ini akan menambah alternatif bagi yang mau kuliah," ujarnya.

Lebih lanjut ia berharap kehadiran Ikopin University semakin maju dan berkembang serta menghasilkan kualitas para mahasiswa yang lebih baik lagi ke depan.

"Saya yakin universitas ini akan semakin maju, semakin berkembang dan menambah cakupan wawasan pelayanan pendidikan tinggi, sehingga indeks pendidikan tinggi di Kabupaten Sumedang semakin meningkat,” katanya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Rektor I Gianto Purbosuseno, Wakil Rektor II Yuanita Indriani, Wakil Ketua III Indra Fachmi, Ketua Pelaksana Dedy Supriadi, Ketua Umum DPP IKA Ikopin Entis Sutisna beserta mitra kerjasama Ikopin University. 

Tag : No Tag

Berita Terkait