Loading

MOTIVASI MELAHIRKAN PRESTASI (Kisah Gedung Sekolah Menumpang di Sekolah Lain)


Penulis: PIPIN
3 Tahun lalu, Dibaca : 1326 kali


PIPIN

Oleh PIPIN

(KEPALA SDN PASIR POGOR 222 KOTA BANDUNG)

 

Kepala sekolah sebagai pemimpin harus mampu memproyeksikan dirinya di dalam sekolah  guna mempengaruhi situasi kerja, semangat kerja, anggota-anggota staf, sifat hubungan kemanusiaan di antara sesamanya, dan akan mempengaruhi hasil kerja yang mungkin dapat dicapai oleh lembaga pendidikan tersebut.

Organisasi sekolah tidak akan berjalan dengan baik dan tujuan organisasi sulit tercapai tanpa adanya kepemimpinan yang baik. Kepemimpinan seorang kepala sekolah yang baik melibatkan pula bawahan di dalam kegiatan organisasi, karena kepemimpinan merupakan motor atau daya penggerak dari semua sumber dan alat yang tersedia bagi suatu organisasi. Dalam dunia pendidikan kepala sekolah dan guru harus menyadari bahwa sekolah sebagai satu sistem sosial organisasi yang dinamis dan tempat berlangsungnya komunikasi secara aktif yang melibatkan dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan.

Guru adalah kondisi yang diposisikan sebagai garda terdepan dan posisi sentral di dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Berkaitan dengan itu, maka guru akan menjadi bahan pembicaraan banyak orang. Di sampaing kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan di sekolah yang sangat berperan untuk mencapai pendidikan bermutu dan sekolah berprestasi, adapula orang tua, masyarakat dan sarana prasarana yang tidak dapat diabaikan peran.

SDN 222 Pasirpogor adalah salah satu sekolah negeri paforit dan memiliki segudang prestasi yang sudah diraih walaupun kondisi sekolah rawan ambruk apalagi bila gempa terjadi. SDN 222 Pasirpogor berlokasi di Jalan Pasir Suci 8 Komplek Pasir Marga Cinta Buah Batu Bandung  di wilayah Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Rancasari Kota Bandung. Sejak SD Negeri 222 Pasirpogor ada permasalahan dalam pembangunan rehabiliatasi gedung terpaksa dievakuasi ke SMPN 48 Buahbatu kota Bandung sekira satu kilo meter dari tempat semula. Rehabilitasi gedung sekolah dilakukan karena kondisi sekolah tergolong rawan banjir, keropos dan rawan ambruk karena tiap kelas sudah disangga besi-besi beton serta temboknya yang sudah retak-retak dan banjir setiap hujan turun deras mempercepat sekolah harus dievakuasi.

Kondisi menumpang tentu bukan hal yang mudah dan mengurangi masalah yang dihadapi sekolah. Malah menambah masalah baru yang dihadapi, di antaranya: sekolah masuk siang setiap hari mulai pukul 13.00 waktu yang cocok untuk istirahat, tidak jarang anak-anak belajar dengan konidisi ngantuk, jarak makin jauh dari sebagian besar tempat tinggal peserta didik yang berakibat pengeluaran orang tua meningkat, di tempat baru juga sama rawan banjir, kadang-kadang ada sikap pribumi yang dirasakan guru tidak nyaman, luas tanah SMPN 48 kurang lebih 12 ribu meter persegi sedangkan SDN 222 Pasirpogor  hanya memiliki 2 orang penjaga.

Kami berusaha sabar dan bertahan dengan besar harapan punya sekolah baru yang bagus, aman, dan nyaman untuk menuntut ilmu, tetapi ternyata dengan segala kendala di lapangan walaupan tanah sudah bersertifikat belum ada gambaran jelas bagaimana nasib warga SDN 222 Pasirpogor Kota Bandung sampai saat ini. Mau dibangun berkali-kali tidak jadi, bahkan BPKA pun yang akan pasang plang “Tanah Ini Milik Pemerintah Kota Bandung” tak mampu berbuat apa-apa, sampai saat ini plangnya ada di sekolah (di SMPN 48 Kota Bandung).

Kondisi seperti ini tentu dapat menurunkan semangat semua pihak baik guru sebagai pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik maupun orang tua. Dengan demikian akan berpengaruh terhadap prestasi sekolah.

Jika ini dibiarkan maka SDN 222 Pasirpogor bisa terperosok dan ambruk dalam segala bidang. Untuk mengatasi semua itu setahap demi setahap memberi penguatan dan semangat kepada guru, staf, siswa, dan orang tua.

Langkah awal yang dilakukan adalah mengajak semua warga sekolah untuk yakin bahwa semua ini terjadi adalah rencana yang terbaik dari Allah SWT. Untuk itu kita harus selalu dekat dengan Allah SWT. Pendekatan dengan Allah SWT yang kami lakukan melalui doa bersama, sholat Dhuha, kultum, membaca solawat, istigosah, tadarus bersama melalui group whatsApp, pengajian guru bersama bapak Ustaz dari guru agama sekolah kami sendiri, membaca asmau husna, selain itu kami juga ikut berpartisipasi di tempat yang kami tingali berupa perbaikan jalan, tempat ibadah, pelaburan, perbaikan taman, pemasangan paving blok, potong rumput, bersihkan eceng gondok di kolam agar tidak ada ular masuk kelas, perbaikan WC, instalasi listri dan penerangannya, pelaburan, kelas selalu bersih dan rapi. Ini dilakukan agar guru mempunyai percaya diri bahwa kita bukan hanya benalu di tempat orang. Pemberian reward kepada guru-guru dan siswa yang berprestasi, pengajuan masuk dapodik guru honor, memberi bantuan kepada orang tua siswa yang terkena musibah maupun kekurangan ekonmi, serta membuka komunikasi langsung bagi orang tua yang ada masalah putra-putri tentang pembelajaran.

Alhamadullah kegiatan itu menjadi motivasi bagi warga sekolah untuk tetap semangat dan terjalin kebersamaan di antara kami sehingga setiap masalah sekolah bisa diatasi bersama tanpa harus terekspos keluar. Bahkan prestasi tertinggi SDN 222 Pasirpogor masih juara umum di tingkat kecamatan, juara 1 literasi tingkat kota, di bidang olahraga juara sampai tingkat internasional baik karate maupun taekwondo, 18 siswa diterima SMP Negeri melalui jalur prestasi di SMPN 5, SMPN 13, SMPN 28, dan SMPN 48 Kota Bandung, dan dapat masuk pendidikan di Gontor serta di Tebu Ireng. Ini menjadi kebanggaan kami dan motivasi tinggi untuk tetap menjadi sekolah yang terbaik dengan lulusan yang bermutu. Paling bahagia lagi ketika PPDB di masa pandemik covid 19 SDN 222 Pasirpogor tidak kekurangan siswa bahkan masih banyak yang tidak dapat diterima.

Dengan kondisi kami di SMPN 48 yang hampir 2 tahun ini, berharap SDN 222 Pasirpogor dapat perhatian dari semua pihak, baik dari Dinas Pendidikan Kota Bandung, Pemerintah Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat dan Kemendikbud untuk mencari solusi yang terbaik untuk segera terwujud tempat dan bangunan SDN 222 Pasirpogor yang masih diperlukan masyarakat banyak. Semoga Allah SWT mengabulkan doa-doa dan harapan kami. Aamiin Yaa Rabbal Alamiin.

 

Tag : No Tag

Berita Terkait