Loading

Perpisahan SDN 4 Mangunjaya, Sekolah Favorit Komitmen Menjaga Prestasi


Penulis: Herz_Ciamis/Editor: Dadan Supardan
1 Tahun lalu, Dibaca : 1817 kali


Kepala Sekolah SDN 4 Mangunjaya, Atin Kantini, S.Pd., M.M. (Foto; Herz_Cms)

PANGANDARAN, Medikomonline.com – Sebagai salah satu sekolah dasar yang menyandang gelar favorit sekaligus sarat prestasi, Sekolah Dasar Negeri 4 Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat menggelar acara samenan/perpisahan kelas VI dan kenaikan kelas 1 – 5, Sabtu (25/6/2022) di areal sekolah.

Kegiatan yang berjalan khidmad dan meriah ini dihadiri Camat, Kepala Desa, Korwil Pendidikan, Ketua PGRI, unsur pemerintah setempat lainnya dan para orangtua siswa turut menyaksikan acara perpisahan yang penuh kebahagiaan.

Kepala SDN 4 Mangunjaya, Atin Kantini, S.Pd, M.M. dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih yang tak terhingga berkat semua pihak terutama para orangtua siswa yang turut membantu lancarnya kegiatan perpisahan ini.

“Jumlah siswa SDN 4 Mangunjaya tahun pelajaran 2021 – 2022 ini sebanyak 309 siswa dari kelas 1 – 6. Sedang jumlah ruang kelas belajar kami ada 12 rombel, namun sebenarnya kami masih membutuhkan sedikitnya tiga ruang belajar dan untuk menanggulangani kekurangan rombel ini kami membagi belajar dengan kelas A dan B,” tutur Atin.

Dikatakan, meski menyandang SD favorit di lingkungan Mangunjaya, juga sekolah masih ada kekurangan tenaga pengajar bidang satu orang. Jumlah tenaga pengajar ada 17 orang, guru kelas ada 9 orang, guru bidang ada 3 orang dan penjaga sekolah 3 orang.

Kekurangan rombel dan tenaga pengajar/bidang ini pun, jelasnya, tidak menjadi hambatan. Ia bersama staf jajaran pendidik di SDN 4 Mangunjaya tetap komitmen menjaga sekolah sarat prestasi dan menjadikan sekolah favorit.

“Ini tidak menjadi ciut nyali untuk terus mengayuh pendidikan yang makin lebih maju ke depan. Kami akan tetap semangat bersama staf jajaran memacu mutu pendidikan agar bisa lebih baik ke depan,” katanya.

“Mempertahankan prestasi jauh lebih berat dari mengejar prestasi yang unggulan ini, namun terpenting kami fokus pada kualitas pendidikan selain mempertahankan penuh prestasi juga komitmen semaksimal mungkin tetap menjadi prestasi lagi ke depan. Alhamdulillah kelas enam (VI) di sini sebanyak 54 siswa ini lulus semua,” ungkapnya seraya berharap siswa yang lulus melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. 

Pentasan Siswa Lengser Menyambut Kepala Sekolah dan Kordinator Wilayah (Korwil) Pendidikan Wilayah Kecamatan Mangunjaya. (Foto : Herz_Cms)

Penuh Keharuan

Gelaran perpisahan pun bejalan penuh haru dan Bahagia. Sebelum acara dimulai siswa menyambut Kepala Sekolah dan Korwil Pendidikan untuk naik ke panggung guna melepas kelas VI sebanyak 54 siswa.

Acara diiringi sungkeman ke Kepala Sekolah dan (Korwil) Koordinator Wilayah Pendidikan. Tangis haru pun pecah dari berbagai pihak terutama para siswa yang harus melanjutkan jenjang pendidikan ke yang lebih tinggi. Terhibur sesaat dengan acara pelepasan banyak balon mengapung ke udara dari kelas VI itu. Sebelumnya juga banyak pentas hiburan yang disajikan dari masing-masing group kelas yang menampilkan murni dari para siswa SDN 4 Mangunjaya. 

Ketua PGRI Mangunjaya, Aries Purwono, Unsur Pemerintah lainnya dan Para Orangtua Siswa. (Foto: Hrrz_Cms).

Dikatakan salah satu orangtua siswa kelas 3B, Ayu Rostikawati yang juga anaknya Aqilla Hasna Qonita, alhamdulillah kelas 3B ini dari kelas 1 – 3 ini masih meraih peringkat 1.

“Ini pun perlu pembinaan, pembelajaran anak di luar sekolah yakni di rumah dan madrasyah/sekolah agama.

“Ya kita tahu bahwa SDN 4 Mangunjaya ini memang sekolah favorit dan sarat prestasi. Maka selaku orangtua pun kami selalu memperhatikan pembelajaran yang dikasih sekolah.” 

Para Peringkat ke 1 Kelas 1 - 6 (Foto; Herz_Cms).

Di masa pandemi kemarin dua tahun yang lalu apalagi siswa belajar anak di rumah. Ini pun tentu perlu peran aktif orangtua terhadap anaknya. 

Aqilla Hasna Qonita Siswa Kelas 3B bersama Adiknya Adhwa Hanifah Turut Hadir Memeriahkan Acara Perpisahan Kelas Enam (VI) SDN 4 Mangunjaya

Sekolah bagian dari tugas anak untuk menuntut ilmu juga kami selalu mendampingi dan memperhatikan pendidikan anak dan selalu kami ulas pelajaran di sekolah dan kadang dilatih dengan pelajaran lain mengingat IT (teknologi) ini bisa dengan mudah diakses semua orang. Kami pun memberikan pemahaman/pembelajaran ke anak di rumah,” terang Ayu Rostikawati orangtua siswa.

Tag : No Tag

Berita Terkait