Loading

Walikota Cimahi Resmikan Gedung Ruang Kelas Baru dan Jamban di TK Negeri Cimahi


Penulis: Ganda TB/Editor: Dadan Supardan
2 Tahun lalu, Dibaca : 766 kali


Walikota Cimahi H Ajai M Priatna meresmikan RKB dan Jamban pada satuan pendidikan di tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) negeri kota Cimahi, Selasa 27 Oktober 2020

CIMAHI, Medikomonline – Walikota Cimahi H Ajai M Priatna meresmikan dan menandatangani prasasti Ruang Kelas Baru (RKB) dan Jamban pada satuan pendidikan di tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) negeri kota Cimahi, Selasa 27 Oktober 2020 bertempat di Kampung Kihapit Jln Kerkop No 323 Kelurahan Leuwigajah Kecamatan Cimahi Selatan.

Dalam sambutanya Ajai mengatakan Pendidikan Anak Usia Dini memiliki peran penting sebagai jembatan untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya di lembaga pendidikan formal pada tingkatan yang lebih tinggi.

Pada kesempatan tersebut dilakukan penandatanganan prasasti peresmian ruang kelas baru dan jamban oleh Wali kota dan penyerahan kunci ruang kelas baru dari Wali kota kepada Kepala Sekolah Pembina TK Negeri sekaligus pengguntingan pita ruang kelas baru.

Wali Kota menambahkan melalui pendidikan usia dini, selain sebagai arena bermain dengan teman-teman sebayanya, seorang anak mulai diperkenalkan kepada bentuk-bentuk pengetahuan paling mendasar yang akan mereka geluti pada jenjang pendidikan formal selanjutnya.

Disinggung mengenai kapan ruang kelas tersebut dipergunakan, Wali kota belum bisa memastikan. Karena Pandemi Covid 19 di Kota Cimahi belum selesai. Bahkan Wali kota berpesan khususnya kepada tenaga pendidik di kota Cimahi, biar terus memperhatikan protokol kesehatan, karena klaster Covid-19 di kota Cimahi kejadiannya banyak di lingkungan tenaga pendidik. Ia mengimbau kepada seluruh undangan mulai dari Kelurahan, RW/ RT, dan juga tokoh masyarakat agar lebih menjaga lingkungan sekitarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Harjono dalam sambutannya mengatakan kegiatan pembangunan RKB dan jamban pada TK Negeri Pembina Kota Cimahi tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020.

Kegiatan ini juga selaras dengan salah satu program prioritas Wali kota Cimahi yaitu pemberian penambahan fasilitas dan insentif bagi guru PAUD. Terkait pemberian tenaga intensif bagi guru PAUD, ia mengklaim bahwa hal tersebut sudah dilaksanakan pada tahun anggaran 2018-2019 dan 2020 ini. Untuk tahun 2021 nanti rencananya pemberian insentif juga akan kembali diusulkan.

“Memang insentif guru PAUD itu ada di jenjang yang paling kecil. Jadi ada jenjang PAUD, jenjang SD, dan jenjang SMP. Untuk jenjang PAUD menerima intensif Rp 180.000 per bulan dan jenjang SD menerima insentif sebesar Rp 500.000 per bulan, dan jenjang SMP menerima insentif sebesar Rp 750.000 per bulan,” ungkapnya.

Harjono menambahkan bukan persoalan jam mengajar di PAUD relatif lebih sedikit dibandingkan di SD dan SMP yang jam mengajarnya sampai siang, tapi jumlah penerima insentif di jenjang PAUD jauh lebih besar dari jumlah penerima insentif di jenjang SD dan SMP, sehingga anggaran yang sudah disiapkan dari APBD kota Cimahi tidak bisa dipukul rata.

Harjono mengucapkan terimakasih kepada Wali kota Cimahi, Asisten 2, Camat Cimahi Selatan, Lurah Leuwigajah, RW /RT, Babinsa TNI/Polri dan seluruh unsur dari Dinas Pendidikan Kota Cimahi juga Kepala SMAN 4 Kota Cimahi dan Kepala MAN Kota Cimahi serta seluruh undangan yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

“Terimakasih telah meluangkan waktu untuk bisa menghadiri peresmian Ruang Kelas Baru di TK Negeri Pembina Kota Cimahi,” ujar Harjono seraya mengimbau agar tetap melaksanakan protokol kesehatan.


Tag : No Tag

Berita Terkait