Loading

Antusiasme Puluhan Muda Mudi Bangkitkan Paguron Pencak Silat, IPSI Margaluyu Nagot


Penulis: Nanang
2 Tahun lalu, Dibaca : 1040 kali


Paguron Pencak Silat, IPSI Margaluyu Nagot

Bantuan Fasilitas Sarana Kesenian Pemberdayaan Ekonomi Dari Kemenerian Sosial Republik IndonesiaTahun 2021

GARUT, Medikomonline – Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Kecamatan Sukawening membangkitkan seni bela diri Pencak Silat di Paguron Margaluyu Nagot, Jumat (31/12/2021).

Murid-murid pencak silat yang terdata 40 yaitu TK, SMP, SMA dan Mahasiswa.

Paguron Margaluyu Nagot Desa Mekarluyu Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut, berdiri sejak tahun 1990 di wilayah Desa Mekarluyu.

Kegiatan Sanggar Kesenian PPSI Magaluyu dibentuk sebagai pengembangan kelestarian budaya seni ibing dan pembinaan kerohanian, kendang pencak silat dan olah raga silat yang secara turun teumurun sudah menjadi warisan nenek moyang.

PPSI Paguron Margaluyu Nagot yang lahir di Kp. Nagot  RT 01/RW 01 Desa Mekarluyu Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut telah mendapatkan pengesahan di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut pada 7Agustus 2019 No: 431/640 Disparbud/2019.

Selain itu di Paguron juga mengembangkan pola menanam sayuran di pekarangan sebagai bentuk pemberdayaan ekonomi. 


Kepala Desa Mekarluyu Ade Gunawan SPd di Paguron juga diberdayakan menanam sayuran di pekarangan, ini merupakan bentuk pemberdayaan ekonomi.

Dengan ada fasilitas pekarangan, menanam sayuran di kebun sangat menyenangkan, apabila kebunnya di pekarangan rumah. Di samping menyehatkan,  kita juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli sayuran di pasar.

Banyak sekali sayuran yang dapat ditanam sendiri di pekarangan rumah atau halaman belakang rumah.

Harapan dengan adanya bantuan Fasilitas Sarana Kesenian dan Pemberdayaan Ekonomi dari Kementerian Sosial Republik Indonesia berupa bantuan perekonomian produktif dan alat kesenian terompet, goong dan satu set kendang akan lebih memperkuat kearifan lokal di Desa Mekarluyu Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut. Selain itu, menjadi motivasi bagi generasi muda dalam rangka menangkal pengaruh budaya asing yang dapat merusak karakter dan kepribadian bangsa, mempererat hubungan antar masyarakat dalam mengembangkan kesenian ibing dan kendang pencak khususnya di lingkungan Desa Mekarluyu. Yang tak kalah pentingnya meningkatkan budaya gotong royong dan pembauran melalui pengembang ekonomi produktif masyarakat (warung taman hidup) dengan menggunakan lahan masyarakat.

Sehingga besar harapan kami, dengan adanya dukungan dari berbagai pihak berbagai permasalahan yang dihadapi khususnya di desa Mekarluyu Kecamatan Sukawening kabupaten Garut, sedikitnya dapat terselesaikan, khususya kondisi keragaman dalam kebangsaan yang saat ini terombang abing oleh berbagai isu tidak jelas.

Pencak Silat  adalah budaya asli dari negara Indonesia. Pencak silat sendiri juga merupakan kesenian bela diri yang telah diakui oleh dunia. Pencak silat merupakan olahraga yang telah diwariskan oleh leluhur dari generasi ke generasi.

Pencak silat berasal dari Jawa Barat dan Sumatra Barat. Tradisi ini kemudian dikembangkan di berbagai daerah di tanah air. Pencak silat dari berbagai daerah memiliki keunikan gerakan dan musik pengiringnya masing-masing.

Pencak silat sendiri telah diakui oleh Unesco dan menjadi identitas sekaligus pemersatu bangsa. Pencak silat mengandung nilai-nilai persahabatan, sikap saling menghormati, dan juga sportivitas.

Selain itu, pencak silat Indonesia juga merupakan salah satu olahraga yang meraih banyak prestasi di level internasional.

Pencak silat punya empat aspek penting di dalamnya, meliputi aspek  spiritual, budaya, bela diri, dan olah raga. Aspek mental spiritual, pencak silat membangun karakter anak bangsa yang di dalaminya menjunjung tinggi sikap patriotik, disiplin, budi luhur dan ketakwaan.

Dalam pelestarian pencak silat, dibentuk  PPSI Paguron Margaluyu Nagot Desa Mekarluyu Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut dalam merekrut generasi muda untuk lebih mengenal dan mencintai seni dan budaya asli Jawa Barat.

Dengan dibentuknya PPSI Paguron Margaluyu Nagot, diharapkan anak muda di wilayah Desa Mekarluyu Kecamatan Sukawening Garut, khususnya Jawa Barat, semakin dekat dan mengenal pencak silat. Selain itu, mendorong pencak silat untuk menjadi muatan lokal dalam pembelajaran di setiap jenjang pendidikan.

Tag : No Tag

Berita Terkait