Loading

BAZNAS Sumedang Adakan Gebyar Pemberdayaan Zakat Tahun 2020 , Salurkan Rp 1 Millar


Penulis: Nanang/Editor: Mbayak Ginting
2 Tahun lalu, Dibaca : 444 kali


BAZNAS Kabupaten Sumedang menggelar gebyar Pemberdayaan Zakat Tahun 2020 di Gedung Islamic Center, Sumedang.

SUMEDANG, Medikomonline.com - BAZNAS Kabupaten Sumedang menggelar gebyar Pemberdayaan  Zakat Tahun 2020 di Gedung Islamic Center, Sumedang, Selasa (21/01).


Bantuan yang diserahkan meliputi penyediaan makanan lokal balita stunting sebesar Rp45 juta, modal usaha produktif Rp 69 juta, revitalisasi Rutilahu Rp600 juta.

 

Kemudian pengadaan sarpras keagamaan, rehab mesjid/pasantren, dakwah, MCK Rp250 juta. Selain itu, biaya pendidikan  Rp27 juta, bantuan kaili/tangan palsu untuk kaum disabilitas  Rp16 juta.

 

Ketua BAZNAS Sumedang H Ali Badjri menyebutkan, jumlah santunan yang pada gebyar Pemberdayaan Zakat ini sebesar 1 Milliar  lebih. Total yang kami salurkan lebih dari Rp1 Milliar,” kata Ali, Selasa (21/01/2020).

 

Bupati H Dony Ahmad Munir menyebutkan, zakat merupakan kewajiban umat Islam yang memiliki potensi besar untuk memajukan perekonomian umat jika dihimpun dan dikelola dengan baik.


"Zakat diharapkan menjadi solusi mengatasi permasalahan kemiskinan. Oleh karena itu, penyaluran zakat oleh Baznas Kabupaten Sumedang sangat menunjang program-program pemerintah daerah, terutama dalam upaya mensejahterakan masyarakat di Kabupaten Sumedang," tuturnya.

 

Ditambahkan Bupati, salah satu program unggulan yang diluncurkan Baznas Kabupaten Sumedang, yakni program Serbu Desa, merupakan formulasi pemberdayaan zakat berbasis desa untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, edukatif, resik dan budidaya.

 

"Kami percaya program serbu desa yang dikolaborasikan dengan dinas instansi terkait ini akan mampu memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas kehidupan masyarakat desa dan pemerintah daerah Kabupaten Sumedang akan terus mendukung segala program Baznas Sumedang," imbuhnya.

 

Bupati juga mengapresiasi atas kinerja Baznas yang terus memberikan kontribusi dalam menghimpun dan mengelola dana umat melalui program-program unggulannya yang diarahkan pada pengentasan kemiskinan.

 

Bupati berharap program-program baznas berdampak pada penurunan angka kemiskinan, penurunan kasus stunting dan menjadi solusi untuk kemaslahatan umat.


"Alhamdulilah dengan optimalisasi program-program mampu menurunkan angka kemiskinan Kabupaten Sumedang dari 9.76% menjadi 9.05% atau turun 0.71 persen. Ini semua berkat sinergi dari seluruh elemen masyarakat termasuk Baznas Kabupaten Sumedang dan Pemerintah Kabupaten Sumedang," pungkasnya. 

Pada kesempatan tersebut diberikan pula hadiah berupa umroh Sumedang kepada tiga orang pemenang program bjb perjalanan religi Tahun 2019 yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sumedang.

Tag : No Tag

Berita Terkait