Loading

Bubur Ayam Galuh Timur Manganti Sedekahkan Hasil Jualan Promo ke Tempat Ibadah


Penulis: Herz_Cms/Editor: Dadan Supardan
8 Bulan lalu, Dibaca : 196 kali


Endang Cahyadi (kanan) alias Endang Manganti pemilik Warung Bubur Ayam Galuh Timur menyerahkan (sedekah) hasil promo jualan selama kurang lebih seminggu digratiskan ke Pengurus/Imam Masjid Jami’ Baitu

KAB. CIAMIS, Medikomonline.com Sebagai wujud rasa syukur, penjual bubur ayam “Galuh Timur Manganti” mensedekahkan hasil jualan promonya ke beberapa tempat ibadah di sekitar. Bubur ayam “Galuh Timur Manganti” terletak di pojok barat Bendung Manganti yang juga merupakan wilayah Ciamis paling ujung timur tepat di perbatasan Jawa Barat – Jawa Tengah.

Promo bubur ayam milik Endang Cahyadi (32) yang akrab disapa Endang Manganti sebelumnya sempat viral. Sebagai warga sekitar, ia memiliki konsep usaha awalnya selama promo dinamai “Makan Sepuasnya, Bayar Seikhlasnya” di jam makan pagi, siang, dan sore. Alhamdulillah setelah terkumpul hasilnya, sesuai nadarnya akan disedekahkan ke tempat ibadah di sekitar ini terlaksana.

Alhamdulillah selama kurang lebih seminggu kami buka promo sejak tanggal 10 Oktober sampai dengan 15 Oktober kemarin (5 hari) membuka promo dengan konsep Makan Bubur Sepuasnya, Bayar Seikhlasnya ini terkumpul kurang lebih Rp1.500.000 dan hasilnya sesuai nadar akan kami berikan ke tempat ibadah. Dan hari ini, Sabtu (16 Oktober 2021) Alhamdulillah dapat terlaksana,” terang Endang kepada wartawan.

Sebagaimana diketahui, Bendung Manganti sudah sangat terkenal di kalangan warga Ciamis, Banjar dan Pangandaran juga hingga ke sekitaran Cilacap Jawa Tengah. Bendung Manganti sudah menjadi tempat rekreasi warga sekitar. Makanya sangatlah pas jika membuka jualannya 24 jam.

Kenapa warungnya dicat berwarna ungu? Ini merupakan warna identik Galuh Ciamis karena dirinya asli di wilayah Ciamis perbatasan dengan Jawa Tengah.

“Bahkan warungnya ini pun kami sediakan wifi gratis biar para pembeli atau anak muda sekitar juga bisa sambil santai/nongkrong di warung ini sambil main internet gratis,” tuturnya. 

Saat penghitungan bersama hasil jual bubur ayam promonya dengan pihak pengurus masjid penerima sedekah, Sabtu, 16 Oktober 2021. (Foto: Herz)

Kini sesuai nadar/janji kami bahwa hasil buka promonya akan kami berikan untuk sumbangan pembangunan Masjid Jami Baiturrahman dan sebelumnya kami sudah memberikannya ke Mushola Bendung Manganti yang mana di mushola tersebut banyak anak kecil yang mengaji di sana,” terangnya.

Menururnya dengan sedekah ini menjadikan dirinya ringan segalanya. Hati menjadi lebih tenang. “Mudah-mudahan ini menjadikan berkah dan selalu mendapat perlindungan dari Alloh SWT,” ujar Endang kepada wartawan usai memberikan hasil pendapatan buka jualan promonya.

Endang Cahyadi yang akrab disapa Endang Manganti ini pun lebih lanjut mengungkapkan, jangan merasa terhina dengan pemberian hasil jualan promonya. Ini merupakan hasil dan rezeki Alloh SWT yang menurutnya ini rezeki untuk mushola Manganti dan Masjid yang sedang dibangun ini.

“Jangan dilihat besar atau kecilnya jumlah sumbangan akan tetapi keikhlasan dari kita semua. Terpenting semua harus ikhlas baik yang memberi maupun yang nerima,” katanya di hadapan pekerja yang sedang membangun masjid diterima langsung oleh pengurus/imam Masjid Jami’ Baiturrahman Bapak Sujana. 

Suasana Warung Bubur Ayam Galuh Timur Pojok Barat Bendung Manganti

Diungkapkan Endang sebelumnya, pengurus/imam masjid ini guru saat Endang Sekolah Dasar. Beliau pun merupakan panutan Endang semasa usianya. Berkat pelajaran ilmunya sekarang walau masih belajar hidup ingin benar pun tentu berkah ilmu pembelajaran bersamanya terdahulu.

Endang pun berharap, pembangunan masjid bisa secepatnya selesai sehingga warga sekitar bisa beribadat bersama seperti biasanya.

Penerima sedekah hasil buka promo jualan bubur ayam, Sujana mengungkapkan rasa terimakasih. Ia berharap apa yang menjadi penghareupan Endang bisa terlaksana atau tercapai berkat niat baiknya ini.

Kami tentu sangat terbantu mengingat pembangunan Masjid Jami’ Bauturrahman ini masih sangat diperlukan. Semula kami menganggarkan kurang lebih Rp160 juta dan itu belum termasuk kubahnya, tentu kami masih banyak memerlukan bantuan,” katanya.

Diungkapkan Sujana, alhamdulillah pembangunan masjid ini pun sudah dibantu oleh Pemda Ciamis melalui Kesra sebelumnya sebesar Rp60 jutaan, tentu kami pun masih banyak membutuhkan uluran tangan dari siapapun. Akan tetapi sekali lagi, Sujana bersama pengurus dan pekerja pembangunan Masjid Jami’ Baiturrahman ini lagi-lagi mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya bagi siapa saja yang sudah turut membantu/amal bagi lancarnya pembangunan masjid. 

Sujana mengatakan, alhamdulillah hasil penghitungan bersama terkumpul sebesar Rp1.143.500 dari hasil promo jualan bubur ayam Galuh Timur ini. “Sekali lagi, apa yang menjadi niatan kita semua semoga dikabul dan dilindungi Alloh SWT,” doanya. 

Tag : No Tag

Berita Terkait