Loading

Kerja Rani GBKP Runggun Bandung Timur Penuh Sukacita, Samuel dan Lopiga Hibur Jemaat


Penulis: IthinK/Editor: Mbayak Ginting
4 Tahun lalu, Dibaca : 2735 kali


Kiri: Pdt. Elba Pranata Barus STh meminpin prosesi Kerja Rani GBKP Runggun Bandung Timur. Kanan: Perkolong-kolong Samuel Sembiring dan Lopiga br Karo menari. (Foto: Ist/Medikom)

BANDUNG, Medikomonline.com – Pendeta Elba Pranata Barus STh meminpin rombongan prosesi Kerja Rani GBKP Runggun Bandung Timur tahun 2019 memasuki ruangan ibadah gereja. Acara Kerja Rani (Pesta Panen-red)  GBKP Runggun Bandung Timur ini dilaksanakan di gedung GBKP Bandung Timur, Bandung, Minggu (25/08/2019).

 

Rombongan prosesi Kerja Rani GBKP Runggun Bandung Timur disambut tarian Karo oleh penari yang berpakain kebaya dan tudung khas tradisional Suku Karo. Gerakan tarian Karo yang gemulai ini diiringi lagu Karo “Mejuah-juah” yang dinyanyikan song leader dan para jemaat dengan penuh semangat dan sukacita . Dalam prosesi ini ikut serta Pertua dan Diaken serta jemaat yang membawa “luah” atau hasil panen dalam bentuk buah-buhan dan olahan makanan yang telah siap saji.

 

Setelah hasil panen dalam bentuk buah-buhan dan olahan makanan diserahkan ke gereja, acara dilanjutkan dengan ibadah Minggu dengan Liturgis oleh Pertua Warmanta Tarigan dan khotbah dibawa Pendeta Elba P Barus. Dalam khotbah acara Kerja Rani ini, Pendeta Barus menekankan kepada para jemaat gereja GBKP Runggun Bandung Timur, dalam mempersembahkan persembahan hasil panen kepada Tuhan, harus diberikan dengan sukarela sesuai dengan berkat yang Tuhan berikan kepada jemaat.

 

Pendeta Barus  menambahkan, dalam acara Kerja Rani 2019 ini para jemaat juga diminta bersukacita di hadapan Tuhan atas berkat-berkat yang telah diterima. Antara suami dan istri juga harus sehati dan bersukacita dalam memberikan persembahan Kerja Rani kepada Tuhan.

 

Setelah khotbah berakhir, setiap keluarga jemaat GBKP Runggun Bandung Timur kemudian menyerahkan persembahan kepada Tuhan yang telah dipersiapkan di dalam amplop “Lumbung Kerja Rani”. Dengan nyanyian lagu Karo “Mbuah Page”, setiap keluarga sambil menari menyerahkan persembahannya ke tempat yang telah tersedia.

 

Sementara persembahan “luah” hasil panen yang dibawa para jemaat Perpulungen Jabu-Jabu (PJJ)  kali ini juga berbeda-beda jenisnya. Selain buah-buahan, berbagai jenis masakan khas Karo juga banyak disajikan.

 

Luah PJJ Sektor Kiara Kawaluyaan menyajikan “Rires”, PJJ Sektor Cimpa menyajikan “Manuk Lemang-Lemang”, Sektor Margahayu Raya menyajikan “Manuk Lemang-Lemang”, Sektor GBI menyajikan “Tape Ketan Hitam”, Sektor Santosa menyajikan “Cingcang Bohan-bohan”, Sektor Riung Bandung menyajikan “Tape Ketan Hitam”, Sektor Panyileukan menyajikan “Lomok-lomok”, Sektor Permata Harapan “Arsik Ikan Emas”, Sektor Cipati menyajikan “Cingcang Bohan-bohan”, Sektor Vijaya Kusuma“Arsik Ikan Emas”, Sektor Cinur menyajikan “Lomok-lomok”, dan Sektor Rancaekek “Rires”.

 

Selain PJJ Sektor,  tidak ketinggalan juga pendeta, runggun, panita dan kategorial juga membawa luah persembahan. Pendeta Elba Pranata Barus membawa “Jeruk Cingkes dan Gula Tualah Sibolangit”, panitia membawa kain tradisional Uis Karo “Beka Buluh dan Uis Nipes”, Mamre membawa buah, Moria dan Saitun membawa parcel buah-buahan, BP Runggun membawa lukisan, Permata mempersembahkan tarian Karo.          

 

 

Perkolong-kolong Samuel Sembiring dan Lopiga br Karo Hibur Jemaat

Dalam acara  Kerja Rani GBKP Runggun Bandung Timur tahun 2019 kali ini, sedikit tampil beda dan lebih menghibur. Pihak Panitia Penyelenggara Kerja Rani berinisiatif mengundang artis Perkolong-kolong Karo, yaitu Samuel Sembiring berpasangan denga Lopiga br Karo beserta pemain musik keyboard Karo dari Jakarta.

 

Dengan suara merdu, Lopiga br Karo menyanyikan lagu “GBKP Simalem” sambil landek (menari-red) dengan Samuel Sembiring mengelilingi  jemaat. Lopiga br Karo dan Samuel Sembiring menari diikuti oleh seluruh panitia.

 

Dalam acara hiburan perkolong-kolong Kerja Rani GBKP Runggun Bandung Timur tahun 2019 ini, panitia mempersembahkan tiga kali segmen landek dan nyanyian Samuel Sembiring dan Lopiga br Karo. Tarian Karo yang ditampilkan Samuel Sembiring dan Lopiga br Karo begitu gemulai dan indah membuat ratusan jemaat terpesona. Suara merdu Lopiga dan Samuel menyanyikan lagu Karo juga menghibur para jemaat.

 

Tidak jarang Lopiga dan Samuel yang diadu dalam menari dan bernyanyi, menampilkan humor-humor yang membuat penonton tertawa dan bersorak-sorai. Sukacita para jemaat tampak begitu penuh dengan suara tawa dan sorak yang terlepas bebas. Perpaduan tarian dan nyanyian Lopiga dan Samuel terlihat harmonis dengan iringan musik keyboard Karo yang dibawakan TK Surbakti.

 

Tidak hanya sekedar menonton, para jemaat GBKP Bandung Timur juga secara bergiliran ikut landek berdasarkan lima kelompok merga yang ada pada Suku Karo yang dikenal dengan “Merga Silima Tutur Siwaluh Rakut Sitelu”. Giliran pertama landek Merga Karo-karo, kedua Merga Ginting, ketiga Merga Tarigan, keempat Sembiring, dan kelima Merga Perangin-angin.

 

Ketika giliran Merga Ginting landek, perkolong-kolong Lopiga br Karo dengan suaranya yang merdu dan melengking menyanyikan lagu Karo. Dalam lagunya, Lopiga mengatakan, “Mama Ginting seh kal ganteng na (Merga Ginting ganteng sekali-red).” Para penonton pun bersorak ria. Demikian juga ketika Merga Tarigan landek, Lopiga juga memanggil Mama Tigan dalam nyanyiannya yang disambut riuh suara penonton.

 

Frans Ginting yang ikut menari bersama rombongan Merga Ginting, usai menari mengatakan, ia sangat kagum dengan suara Lopiga br Karo yang merdu sekali. Menurut Frans, rengget (nada-red) suara Lopiga menyanyikan lagu Karo begitu indah.

 

Acara Kerja Rani GBKP Runggun Bandung Timur tahun 2019 pada Minggu (25/08/2019), dimulai dari pukul 07.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Kerja Rani berjalan dengan tertib dan penuh sukacita.

 

Acara Kerja Rani tahun ini dipersiapkan oleh Panitia dari PJJ Sektor Rancaekek dan Sektor Kiara Kawaluyaan. Ketua Panitia Kerja Rani Samuel Sembiring dan Sekretaris Pertua Budiman Purba mengatakan, kerjasama kedua sektor ini berusaha memaksimalkan potensi seluruh anggota jemaat sektor agar Kerja Rani GBKP Runggun Bandung Timur tahun 2019  berjalan dengan lancar dan baik.

 

Didampingi Wakil Ketua Panitia Thomas Tarigan, Wakil Sekretaris Mbayak Ginting, Koordinator Seksi Perkolong-kolong Agensi Karo Sekali, Koordinator Seksi Konsumsi Josep Sembiring, Budiman Purba menambahkan, pada Kerja Rani GBKP Runggun Bandung Timur tahun 2019 ini panitia berinisiatif menghadirkan perkolong-kolong Samuel Sembiring dan Lopiga br Karo agar para jemaat GBKP Bandung Timur tetap bergembira dan semangat mengikuti acara Kerja Rani mulai dari pagi sampai sore hari.

 

Menurut Budiman,  dengan adanya hiburan perkolong-kolong khas budaya Karo, diharapkan akan menambah semangat dan kegembiraan serta kebersamaan seluruh jemaaat, baik orang tua maupun para pemuda dan remaja serta anak-anak.

Samuel dan Budiman juga menyampaikan terima kasih kepada Badan Pengurus Runggun GBKP Bandung Timur yang telah mendukung Panitia mempersiapkan acara Kerja Rani tersebut. Demikian juga ucapan terima kasih disampaikan kepada pihak-pihak lain yang telah mendukung dan membantu acara Kerja Rani tahun 2019 ini.        

Tag : No Tag

Berita Terkait