Loading

Kali Cibeet Surut, Ribuan Masyarakat di Bojongmangu Krisis Air Bersih


Penulis: Manah S/Editor: Mbayak Ginting
4 Tahun lalu, Dibaca : 1515 kali


Pintu air satu Bendungan Cibeet Kampung Kali Gandu Desa Pasirranji, Kecamatan Cikarang Pusat yang mengalami kebocoran. (MANAH SUDARSIH /Medikomonline.com)

BEKASI, Medikomonline.com – Akibat air kali Cibeet surut, ribuan masyarakat di sekitarnya seperti masyarakat Kecamatan Bojongmangu dan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi serta Karawang menjerit kekurangan air bersih. Sebab air di Kali Cibeet sudah menjadi kebutuhan hidup sehari-hari untuk mandi cuci kakus (MCK).

 

Diperparah lagi, pintu air Bendungan Kali Cibeet bocor. Akhirnya air di bendungan surut karena tidak bisa menampung air dan saat ini hampir mengering.

 

Seorang Warga Bojongamangu Pandi mengatakan, surutnya kali Cibeet dan bendungan bocor terulang lagi pada Agustus 2019 ini, persis kejadian tahun 2017. Akibatnya, warga Kecamatan Bojongmangu dan Cikarang Pusat tersebut saat ini terancam kekurangan air bersih, sebab PDAM Cabang Bojongmangu pun sumber airnya dari Kali Cibeet.

 

Jika bendungan Kali Cibeet tidak segera diperbaiki, maka krisis air bersih akan melanda dua kecamatan. “Kami sebagai warga sudah resah, dan mengharapkan ada tindak nyata dari pemerintah,” katanya kepada Medikomonline.com, Jum’at (23/8/2019).

 

Sebab, katanya lagi, Kali Cibeet menjadi satu-satunya sumber air bagi seluruh masyarakat Bojongmangu, Pasirranji di Kabupaten Bekasi, dan juga tiga desa di Kabupaten Karawang, yakni Wanajaya, Wanasari dan Desa Wanakerta.

 

Jika dibiarkan pintu air satu Bendungan Cibeet bocor, maka petaka bagi puluhan ribu masyarakat di sekitar Kali Cibeet tersebut. “Tapi mari kita berdo’a pada Alloh SWT atau Sholat Istisqa’ agar segera diturunkan hujan,” pungkasnya.   

Tag : No Tag

Berita Terkait