Loading

Kuatkan Tali Silaturahmi Kecamatan Ciksel Gelar Safari Ramadan


Penulis: Agus Nuryadin/Editor: Dadan Supardan
1 Bulan lalu, Dibaca : 101 kali


Kepala Desa Cibatu H. Ranta memberikan arahan kepada jamaah Safari Ramadan.

CIKARANG SELATAN, Medikomonline.com - Kecamatan Cikarang Selatan menggelar acara safari ramadhan untuk menguatkan tali silaturahmi. Kegiatan safari ramadhan tersebut dilaksanakan di Masjid Baiturrohim Desa Cibatu Kecamatan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi, pada Senin (18/4/2022).

Kepala Desa Cibatu H. Ranta, SPd mengatakan, di safari ramadhan dari kecamatan ini untuk bersilaturahmi. Dalam acara ini ada beberapa hal yang perlu disampaikan kepada yang hadir. Untuk mencerdaskan anak bangsa merupakan tugas kita semua, agar dalam berkehidupan beragama dan berbangsa menjadi lebih baik dan berguna. Maka kuatkan baik di pendidikan formal maupun non formal.

"Saya mengajak dan mengingatkan agar anak mau sekolah dan ngaji, dan itu tanggungjawab kita semua, apalagi orangtuanya, maka jangan bosan-bosan untuk mengajak dan mengingatkannya," kata Kades Ranta, Senin (18/4/2022).

Camat Cikarang Selatan Agus Dahlan didampingi Kades Cibatu H. Ranta memberikan bantuan kepada Masjid Baiturrahim yang diterima langsung ketua DKM, Senin (18/4/2022). (AGUS NURYADIN/MEDIKOMONLINE.COM)

Jika pendidikan formal dan non formalnya terpenuhi, ungkapnya, sehingga kedepannya secara mental sudah siap untuk menjadi penerus kita dan dapat berkehidupan berkebangsaan. Jangan sampai tidak terbiasa berproses dalam berpendidikan baik ilmu pengetahuan maupun ilmu agama seperti mengaji.

"Ini patut kita perjuangkan, jangan sampai keduanya tidak kuasai, agar tidak gagal regenerasi bangsa kita ini," tegasnya.

Sebagai Pemerintahan apalagi ada program vaksinasi booster, maka tugas kita adalah mensosialisasikan kepada semua pihak. Apalagi Desa Cibatu masih ada jadwal vaksinasi tujuh kali lagi. Hal ini harus disampaikan kepada masyarakat walaupun itu isinya manis ataupun pahit. Selain program vaksinasi, harus diingatkan dibulan ramadhan ini ramai sekali tawuran anak-anak remaja.

"Bagi orang tua jaga anaknya, awasi beri kesibukan yang positif, hal itu untuk mencegah terjadinya tawuran," tuturnya.

Camat Cikarang Selatan Agus Dahlan menjelaskan, dirinya bersama rombongan sengaja berkunjung ke Masjid Baiturrahim untuk acara Safari Ramadhan. Sekaligus untuk menguatkan dan menciptakan tali silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat, pemerintah dengan ulama dan antara masyarakat dengan pemerintahnya.

"Hal ini sebagai ajaran agama kita agar taat kepada Alloh dan pemimpinnya, serta adanya hubungan secara vertikal yakni hubungan kepada Alloh (Hablumminalloh) dan hubungan secara horizontal (Hablumminannas) hubungan kepada manusia," terangnya. 

Lebih jauh Agus menyampaikan, tadi ada ajakan vaksin yang disampaikan oleh kepala desa cibatu. Bagi yang belum vaksin 1, 2 dan 3 agar segera vaksin, apalagi bagi yang akan mudik lebaran. 

"Insya Allah setelah di vaksin kekebalan kita meningkat, vaksin ketiga atau booster sebelum pulang kampung ini semua untuk kita dan pemerintah, dan semoga covid-19 menghilang dari bumi Indonesia maupun dari Cibatu,," harapnya.

Lanjtnya, saat ini sedang viral tawuran, maka kepada orang tua yang mempunyai anak remaja, agar diingatkan anaknya jika jam sepuluh malam sudah pulang.

"Habis tarawih, tadarusan atau baca Alquran di Masjid atau Musala setelah itu segera pulang ke rumah, jangan pergi main terus bergerombol, ketemu dengan orang lain yang datang bergerombol juga, akhirnya bentrok, jadilah tawuran, akibatnya ditangkap polisi, orangtua nangis, dan anaknya tidak bisa keluar, tidak ikut lebaran,"  

Kepada pihak desa Cibatu, agar tetap menjaga keamanannya, karena libur lebaran tahun ini panjang, penduduknya banyak pendatang, kemudian pulang kampung. Rumah ditinggalkan kosong, maka untuk meningkatkan keamanannya.

"Bagi yang mau mudik, lapor ke RT, kemudian pastikan rumah yang ditinggalkan aman, matikan kompor, dan pastikan rumah sudah terkunci," tutupnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait