Loading

Mesti Disampaikan ke Masyarakat, Ini Tiga Poin Informasi Penanganan Covid-19


Penulis: Mbayak Ginting
3 Tahun lalu, Dibaca : 681 kali


Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja (kanan) saat membuka Rapat Koordinasi Divisi Komunikasi Publik Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 se-Jabar. (Foto: Humas Jabar)

SUMEDANG, Medikomonline.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Setiawan Wangsaatmaja menyampaikan tiga poin informasi yang mesti disampaikan kepada masyarakat dalam penanganan Covid-19.

Pertama berkaitan dengan penerapan protokol 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun) sebagai upaya mencegah penularan Covid-19. 

Kedua, pelaksanaan 3T (Testing, Tracing, dan Treatment) pun harus diinformasikan kepada masyarakat. Ketiga, kondisi fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes). 

"Ketiga hal tersebut harus diinformasikan dan dikomunikiasikan dengan baik kepada masyarakat. Karena sebelum vaksin ditemukan, kedisiplinan masyarakat menjadi penting dalam penanganan Covid-19," kata Sekda saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Divisi Komunikasi Publik Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 se-Jabar di Kampung Toga, Kabupaten Sumedang, Kamis (5/11/20). 

"Kita pun berhadapan dengan banyaknya informasi bohong atau hoaks (tentang pandemi Covid-19) yang beredar di berbagai platform," kata Setiawan menguraikan tantangan yang dihadapi.

Selain itu kata Sekda, manajemen komunikasi publik yang baik berperan penting dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi daerah. Informasi yang disampaikan harus disusun secara komprehensif, kreatif, dan inovatif. 

Setelah itu, informasi disebarkan secara masif melalui berbagai platform. Dengan begitu, masyarakat tergerak untuk turut menangani pandemi, seperti disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M. 

Tag : No Tag

Berita Terkait