Loading

DPRD Jabar Gelar Rapat Paripurna KUA-PPAS APBD Tahun 2022


Penulis: IthinK
2 Tahun lalu, Dibaca : 562 kali


Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyampaikan Rancangan KUA-PPAS APBD Jabar 2022 kepada Ketua DPRD Jabar Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat. (Foto: Budi & Reza/Humas DPRD Jabar)

BANDUNG, Medikomonline.com – DPRD Provinsi Jawa Barat menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Rancangan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD Jabar Tahun Anggaran 2022 oleh Gubernur Provinsi Jawa Barat (Jabar) di Jalan Diponegoro Nomor 27, Bandung, Senin (16/08/2021).

Selain agenda KUA-PPAS APBD Jabar Tahun 2022, Rapat Paripurna ini juga mengagendakan Pembahasan Realisasi Semester Pertama dan Prognosis 6 (enam) bulan berikutnya dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Provinsi Jawa Barat.

Rapat Paripurna ini dihadiri oleh Ketua DPRD Jabar Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat SH MH, Wakil Ketua Dr Hj Ineu Purwadewi Sundari SSos MM, drh H Achmad Ru'yat MSi, dan H Oleh Soleh SH serta Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Gubernur Jabar menyampaikan KUA-PPAS APBD Jabar Tahun 2022 di hadapan Anggota dan Pimpinan DPRD Jabar. Disampaikan Gubernur, ada 11 prioritas pembangunan di Provinsi Jabar pada tahun 2022 yaitu: reformasi sistem kesehatan, pemulihan dan pertumbuhan ekonomi kerakyatan berbasis inovasi, penguatan sistem ketahanan pangan berkelanjutan, reformasi sistem perlindungan sosial, reformasi sistem pendidikan dan pemajuan kebudayaan, reformasi sistem kesiapsiagaan penanggulangan resiko bencana, inovasi pelayanan publik dan penataan daerah, gerakan membangun desa, pendidikan agama dan tempat ibadah juara, pengembangan infrastruktur konektivitas wilayah dan pengelolaan lingkungan hidup, serta pengembangan destinasi dan infrastruktur pariwisata.

Kemudian ada sembilan program unggulan dalam KUA-PPAS APBD Jabar Tahun 2022 yang meliputi: pusat layanan ketenagakerjaan, sekolah juara, pesantren juara, petani milenial, ekonomi kreatif dan inovasi, konektivitas wilayah jalan dan jembatan, pengelolaan sampah juara, pengembangan pariwisata, dan Citarum Harum.

Selain itu, Gubernur juga memaparkan proyek strategis provinsi yang akan dilaksanakan pada tahun 2022, yaitu: pengembangan destinasi wisata, pembangunan gedung kreatif center, pusat budaya, command center digital, pembangunan jalan jembatan, pembangunan gedung pemerintahan, masjid, penataan alun-alun, dan revitalisasi pasar.

Anggaran APBD tahun 2022 diproyeksikan sebesar Rp41,14 triliun untuk pendapatan daerah. Belanja daerah sebesar Rp40,23 triliun, dan pengeluaran pembiayaan daerah sebesar Rp857 miliar. "Jadi volume APBD Jabar tahun 2022 sebesar Rp41,14 triliun," ungka Gubernur.

Tag : No Tag

Berita Terkait