Loading

SMKN 2 Kota Cirebon Pilot Project Progam Sekoper Cinta Pemprov Jabar Tahun 2022


Penulis: Hafidz/Editor: Mbayak Ginting
1 Tahun lalu, Dibaca : 488 kali


SMKN 2 Kota Cirebon ditunjuk sebagai salah satu sekolah di Jawa Barat yang melaksanakan Program Sekoper Cinta yang diprakasai Tim Penggerak Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Jabar.

CIREBON, Medikomonline.com - Program Sekoper Cinta (Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita) yang digagas Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat kini kembali digelar semenjak sempat vakum akibat Pandemi Virus Covid -19 dua tahun silam .

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Kota Cirebon ditunjuk sebagai salah satu sekolah di Jawa Barat yang melaksanakan Program Sekoper Cinta yang diprakasai Tim Penggerak Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Jabar yang diketuai oleh Atalia Praratya Kamil itu pada Senin (19-9-2022) pagi.

Kepsek SMKN 2 Kota Cirebon Yayat Hidayat  kepada Medikomonline mengatakan, pihaknya merasa senang ditunjuk sebagai salah satu sekolah yang melaksanakan Program Sekoper Cinta oleh Pemrov Jabar melalui Tim PKK Pemprov Jabar dan Dinas Pendidikan Jawa Barat  yang bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPPAPPKB).

Pasalnya menurut Yayat, kegiatan ini sangat bermanfaat khususnya bagi kaum perempuan. Sebab selain memperoleh bekal ilmu, juga hasilnya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan.

"Saya merasa bangga dan senang saat sekolah kami ditunjuk sebagai salah satu sekolah di Jawa Barat yang melaksanakan Program Sekoper Cinta. Sebab ini merupakan salah satu upaya dalam pemberdayaan perempuan agar mereka dapat hidup mandiri serta meningkatkan kesejahteraan dan kami ikut andil di dalamnya ," ujar Yayat Hidayat di ruang kerjanya.

Hal yang sama juga  diungkapkan Kepala Kantor Dinas Cabang (KCD) Wilayah  X Jabar usai acara launcing melalui teleconfrence yang secara resmi diluncurkan oleh Gubernur Jawa Barat HM Ridwan Kamil di SMKN 2 Cirebon  yang terletak di bilangan Jallan Cipto Mangunkusumo,Kota Cirebon tersebut.

"Sekoper Cinta merupakan gagasan Tim Penggerak PKK Provinsi Jabar bekerjasama antara Disdik Provinsi Jabar dengan DPPPAPPKB yang merupakan wadah perempuan Jawa Barat," ujarnya.

Program Sekoper Cinta yang digagas Pemprov Jabar ini merupakan kelanjutan dari apa yang pernah dicanangkan oleh Gubernur Jawa Ridwan Kamil  saat ia menjadi inspektur upacara memperingati Hari Ibu ke-91  di Lapangan Gasibu Bandung pada tanggal 23-12-2019 silam.

Seperti yang diambil dari berbagai sumber saat itu Ridwan Kamil mengatakan program ini dapat membuat persoalan di tengah masyarakat dapat terselesaikan.

"Program Sekoper Cinta ini kalau diterapkan pada seluruh perempuan Indonesia, saya kira masalah negara bisa diselesaikan dengan penguatan," ujar Ridwan Kamil.

Emil juga mengatakan, Dewi Sartika yang merupakan simbol kebangkitan perempuan Jabar adalah inspirasi. Pihaknya membuat Program Sekoper Cinta sebab ia mampu membuat kurikulum lengkap soal peningkatan peran perempuan dan kesetaraan gender. Program ini juga sudah mewisuda ribuan perempuan serta berharap menjadi program nasional.

"Kita sudah siap, kurikulumnya kan lengkap, ya, dari urusan ekonomi, pendidikan, anak, ketahanan keluarga,hingga mendeteksi radikalisme,” ujar Ridwan Kamil saat itu.

Tag : No Tag

Berita Terkait