Loading

Peran Forum CSR Kesejahteraan Sosial Sangat Strategis


Penulis: Dadan Supardan
3 Tahun lalu, Dibaca : 938 kali


Peyerahan daftar pengurus Forum Coorporate Social Responsibility (FCSR) Kesejahteraan Sosial Jawa Barat periode 2020 – 2025 oleh Tim Formatur kepada Kepala Dinas Sosial Jawa Barat dr H Dodo Suhendar M

BANDUNG, medikomonline.com – Pertemuan bertajuk “Sinkronisasi Pengembangan Program Dunia Usaha” digelar Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Jumat (24/7/2020) di Hotel Bidakara Savoy Homann Bandung. Kegiatan yang dirangkai dengan pengesahan Pengurus Forum Coorporate Social Responsibility (FCSR) Kesejahteraan Sosial Jawa Barat periode 2020 – 2025 ini dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Jawa Barat dr H Dodo Suhendar MM, Kabid Kesos Hj Elis Kartini, Plt Sekretaris Adang Surachim, pewakilan FCSR Kesejahteraan Sosial Nasional Muhammad Satria, Ketua FCSR Kesejahteraan Sosial Jawa Barat Drs HR Subchan Daragana serta undangan dari unsur badan usaha, perguruan tinggi, organsasi, dan masyarakat.

Kabid Kesos Hj Elis Kartini selaku panitia kegiatan menyampaikan tujuan kegiatan Sinkronisasi Pengembangan Program Dunia Usaha untuk membangun kemitraan antara pemerintah, Forum Coorporate Social Responsibility (FCSR) Kesejahteraan Sosial, dunia usaha/badan usaha, dan unsur masyarakat melalui peningkatan penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Dikatakan, ada 12 potensi sumber penanggulangan kesejahteraan sosial. Salah satunya adalah badan usaha. Oleh karena itu, dipandang penting untuk menyinkronkan badan usaha agar ikut andil dalam penanganan permasalahan sosial yang kian berkembang.

Dalam sambutannya, Ketua Forum Coorporate Social Responsibility (FCSR) Kesejahteraan Sosial Jawa Barat, Drs HR Subchan Daragana menegaskan FCSR Kesejahteraan Sosial merupakan ruang besar untuk bersama-sama mulai menempatkan cara pandang sosial kepada cara pandang profesional dalam penanganan masalah kesejahteraan sosial.

Menurutnya, sangat banyak kesempatan untuk pengembangan diri, pengembangan perusahaan dalam men-support masyarakat. Apalagi pada dasarnya orang Indonesia senang berbagi. Jadi tinggal dikoordinasikan.

“Dan akan kita sampaikan kepada masyarakat bahwa peran teman-teman nyata. Mudah-mudahan ini menjadi kebaikan bagi kita sebagai ruang ibadah. Tidak semata berorientasi profit semata,” tutur Subchan Daragana yang juga Ketua Forum Komunikasi Karang Taruna Jawa Barat ini.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat dr H Dodo Suhendar MM sangat mengapresiasi keberadaan FCSR Kesejahteraan Sosial Jawa Barat. Dikatakan, betapa strategisnya Forum CSR dalam merajut berbagai potensi untuk penanganan permasalahan kesejahteraan sosial.

Menurutnya, permasalahan sosial di Jawa Barat cukup kompleks. Untuk itu, penanganannya dibutuhkan kolaborasi, inovasi, dari para pengusaha, media, kampus, akademisi dll. Dibutuhkan optimalisasi penanganan sumber potensi masalah kesejahteraan sosial.

“Kata kuncinya ada pada kolaborasi, inovasi, terobosan dalam penanganan masalah kesejahteraan sosial,” imbuh Dodo Suhendar. ***

Tag : No Tag

Berita Terkait