Loading

Drainase Tak Ada, Warga Ujung Aji dan Camat Berastagi Gotong Royong


Penulis: Tekwasi/Editor: Mbayak Ginting
4 Tahun lalu, Dibaca : 1284 kali


Camat Berastagi Mirton Ketaren menunjukkan jalan rusak berlubang yang tergenang air ketika sedang bergotong royong dengan warga Dusun Ujung Aji. (Foto: Tekwasi)

BERASTAGI, Medikomonline.com - Jalan kabupaten Ruas Jalan Simpang Ujung Aji – Tiga Panah rusak dan hancur di Dusun Ujung Aji, Desa Rumah Berastagi, Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo. Kerusakan ini diduga disebabkan  tumpahnya air comberan ke badan jalan sepanjang hari karena tidak ada drainase sebagai saluran  air  mengalir.

 

Kondisi jalan hancur dan berlobang yang tergenang air comberan kadang-kadang membuat warga kesal. Ketika ada mobil yang melintasi jalan yang tergenang air, masyarakat terkena siraman air tersebut. "Bagaimana ini pemerintah? Udah tahu begini kondisinya masih dibiarkan,” keluh warga Dusun Ujung Aji.

 

Menanggapi keluhan warga yang sudah beberapa kali disampaikan kepada kepala desa (Kades) dan camat, Kades Rumah Berastagi Saiman Ginting dan Camat Berastagi Mirton Ketaren turun langsung ke lapangan dan mengajak warga untuk melakukan gotong royong bersama.

 

Camat Berastagi Mirton Ketaren kepada Medikomonline, Kamis (12/9/2019) di lokasi gotong royong mengatakan, "Hari ini kita laksanakan pengorekan parit untuk membuat jalur air untuk mengalir supaya (air-red) jangan tumpah ke jalan karena sangat mengganggu. Dan ke depannya akan kita upayakan drainase dan pembuangan air limbah ini. Kita akan coba surati Dinas PUPR Kabupaten Karo supaya pembangunan drainase  dilaksanakan karena ini kebutuhan sudah sangat mendesak.”

 

Lanjut Mirton, untuk pembuatan jalur pembuangan air dari parit, harus dikoordinasikan dengan pihak Pemerintah Desa Ajijulu. “Karena kita yang berbatasan dengan desa mereka. Dan pihak kami sudah ada koordinasi dengan pihak Camat Tiga Panah untuk membicarakannya,” kata Camat Berastagi.

 

Pantauan wartawan di lapangan, warga dan Pemerintah Desa Rumah  Berastagi bersama perangkatnya dan kepala dusun, beserta Warga Dusun Ujung Aji melakukan gotong royong mengorek parit. 

Setelah dilaksanakan gotong royong, terlihat air sudah mulai mengalir di parit yang sudah dibuat. Tapi keadaan parit ini tidak akan lama bertahan jika drainase tidak dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Karo dengan serius.

Tag : No Tag

Berita Terkait