Loading

BUMDes Arya Kusumajati Desa Kepompongan Cirebon Gelar Penyuluhan


Penulis: Hafidz/Editor: Mbayak Ginting
1 Tahun lalu, Dibaca : 1501 kali


BUMdes Arya Kusumajati mengadakan penyuluhan bertajuk Aksi Pergerakan Swadaya Masyarakat Fasilitas Penyuluhan.

CIREBON, Medikomonline.com - Dalam rangka sosialisasi dan penguatan manajerial Badan Usaha Milik Desa  (BUMDes), Pemerintahan  Desa Kepompongan Kabupaten  Cirebon, Jawa Barat mengadakan penyuluhan pada Jum' at (23-5-2022) siang.

Kegiatan  yang bertajuk Aksi Pergerakan  Swadaya Masyarakat  Fasilitas  Penyuluhan tersebut dihadiri oleh perwakilan  dari Kementerian Desa, Pembangunsn Daerah  Tertinggal, dan para pengurus  BUMDes, Komisaris, Pengawas termasuk  elemen  masyarakat  lainnya. Kegiatan ini berlangsung  sukses.

Kuwu  Desa Kepompomgan Wawan  Setywan BAC  sekaligus  sebagai Komisaris  BUMdes  Arya Kusumajati mengatakan, tujuan kegiatan ini adalan  untuk peningkatan kualitas manajemen dan penguatan  organisasi pada manajemen  BUMdes di desanya.

"Acara  penyuluhan   merupakan  bagian  dari sosialisasi  dalam mengimplementasikan Peraturan  Pemerintah  Nomer 23 Tahun 2021 Tentang BUMdes yang diharapkan meningkatkan  kualitas terutama  dari aspek manejerial  seperti Sumber  Daya  Manusia (SDM), pendidikan serta  penguatan manejemen sehingga  BUMdes  Arya Kusumajati  ini bisa lebih mandiri dan  maju lagi," ujar Wawan Setywan  sesaat  sebelum  acara dimulai.

Wawan  menambahkan, dirinya selaku Kuwu atau  Kepala  Desa berharap agar kepengurusan  BUMDes  terus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat melalui usaha  yang dikelola dari anggaran dana desa ini, apalagi legalitas  BUMDes  sudah didaftarkan  ke notaris sehingga ke depannya usaha BUMDes dapat lebih melebar tidak terfokus  pada usaha sembako atau simpan pinjam saja.

"Dari  aspek  legalitas usaha BUMDes tidak hanya pada akte pendirian yang dikeluarkan  oleh  Kepala  Desa atau  Kuwu saja, namun berpijak pada regulasi. Kini sudah berbadan hukum dengan didaftarkan  melalui notaris sehingga  ke depannya sektor usahanya dapat melebar seperti mengikuti proyek pemerintahan  daerah atau bekerja sama dengan pihak swasta atau investor luar. Dan melalui giat penyuluhan ini sekali lagi  dapat diharapkan  menghasilkan  kepengurusan  yang mumpuni baik secara manajerial juga personal yang memiliki  kreatifitas serta inovatif dalam memajukan BUMDes Arya Kusumajati ini ke arah yang lebih baiik lagi di tengah mati surinya menurut data yang ada  sebagaian  besar keberadaan  usaha BUMDes di Kabupaten Cirebon," pungkas pria yang memiliki dua orang anak ini.

Tag : No Tag

Berita Terkait