Loading

10 Tokoh Lakukan Penyuntikan Perdana Vaksin Covid-19 di Kabupaten Sumedang


Penulis: Nanang/Editor: Mbayak Ginting
3 Tahun lalu, Dibaca : 860 kali


Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir

SUMEDANG, Medikomonline.com - Sebanyak  3.520 dosis Vaksin Covid-19 Sinovac dalam waktu dekat akan diterima oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang.

Pada tahap pertama sasarannya yaitu Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) 1.760 Tenaga Kesehatan. Namun, sebelumnya ada 10 tokoh yang direncanakan untuk menjadi penerima pertama vaksin di Sumedang.

Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sumedang mulai melaksanakan launching vaksinasi Covid -19 tahap pertama di Kabupaten Sumedang, Jum'at (29/1/2021).

Launching vaksinasi Covid-19 digelar di Puskesmas Situ Kecamatan Sumedang Utara secara simbolis diawali dengan penyuntikan vaksin kepada 10 orang tokoh terpilih.

Kesepuluh tokoh tersebut adalah Bupati, Wakil Bupati, Dandim 0610, Kapolres, Ketua TP PKK, Sekda, Asisten Administrasi, Tokoh Agama, Komandan Resor Militer, dan Detasemen Polisi Militer.

Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir menyampaikan, vaksinasi ini merupakan ikhtiar untuk meningkatkan kekebalan kelompok (herd imunity) dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia.

"Ini adalah sebuah ikhtiar kita semua sehingga cepat terhindar dari Covid-19, kemudian kesehatan pulih dan ekonomi bangkit sehingga bisa mengakselerasi pencapaian Sumedang Simpati, itu harapan kita," ujarnya.

Tujuan utama vaksinasi Covid-19 sendiri, yaitu untuk mengurangi transmisi atau penularan, serat menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19. Kemudian, nantinya akan mencapai kekebalan kelompok masyarakat (hard imunity) dan melindungi masyarakat dari Covid-19, agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi.

Dikatakan Bupati, vaksin Sinovac dipastikan aman dan telah memenuhi syarat mendapat label halal. Adapun dalam pelaksananya, vaksinasi ini akan terbagi dalam beberapa tahapan pelaksanaan.

"Tahap pertama tenaga kesehatan, kedua pelayan publik, dan tahap ketiga untuk masyarakat umum. Saya mohon doanya, mudah-mudahan vaksinasi hari ini berjalan lancar, aman dan selamat," harapnya.

Lebih lanjut, Bupati menjelaskan, ada empat tahap vaksinasi yang harus dilalui oleh warga yang akan divaksin, mulai dari pendaftaran, proses screening, penyuntikan vaksin, hingga observasi pasca vaksinasi.

"Belum tentu semua bisa divaksin, setelah pendaftaran ada screening untuk menentukan bisa divaksin atau tidak. Nanti sesudah divaksinasi butuh waktu sekitar 30 menit dan setelah 14 hari akan disuntik kembali. Satu orang dapat dua dosis untuk memperkuat imun," pungkasnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait