Loading

Komisi IV: Pemangkasan Anggaran Cabang Dinas ESDM Pengaruhi Pasokan Listrik Perdesaan


Penulis: Mbayak Ginting
3 Tahun lalu, Dibaca : 695 kali


Kunjungan kerja Pimpinan dan Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat ke Kantor Cabang Dinas ESDM Wilayah I Kabupaten Cianjur. (Foto: Humas DPRD Jabar)

BANDUNG, Medikomonline.com - Pemangkasan anggaran Cabang Dinas ESDM Wilayah I Kabupaten Cianjur, Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi berpengaruh terhadap kurangnya pasokan listrik di lingkungan perdesaan.

Ketua Komisi IV DPRD Jawa Barat Tetep Abdul Latif menyampaikan hal tersebut dalam kunjungan kerja Pimpinan dan Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat ke Kantor Cabang Dinas ESDM Wilayah I Kabupaten Cianjur, Selasa (02/02/2021).

Tetep menilai, pemangkasan anggaran tersebut sangat memprihatinkan, karena dari sisi kuantitas sebanyak 26 ribu masyarakat Jawa Barat belum bisa menikmati pasokan listrik secara langsung.

"Padahal Jawa Barat mempunyai lumbung listrik, seperti waduk atau bendungan yang menjadi sumber pengelolaan listrik. Ironis untuk daerah yang penghasil listrik tapi masih ada masyarakat yang belum menikmati listrik tersebut," kata Tetep, dewan dari Dapil Jawa Barat XV Kabupaten dan Kota Tasikmalaya.

Lanjut Tetep, pihaknya akan memperhatikan secara penuh pendistribusian aliran listrik yang tidak merata, terutama perihal pengelolaan anggaran.

Tetep berharap, ke depan Pemerintah Provinsi Jawa Barat bisa menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan elektrikasi. "Karena ini menjadi kebutuhan untuk masyarakat yang tidak mampu, listrik ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk kegiatan di rumah dan juga untuk kegiatan belajar mengajar apalagi dalam kondisi pandemi saat ini," katanya. 

Tag : No Tag

Berita Terkait