Loading

Ciamis MoU dengan KKP Menyoal Ikan


Penulis ; Herz_Cms
1 Tahun lalu, Dibaca : 221 kali


Sekda Ciamis Pimpin MoU dengan pihak KKP Pusat

KAB. CIAMIS, Medikomonline.com - Pemerintah Kabupaten (PEMKAB) Ciamis Propinsi Jawa Barat bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI menandatangani nota kesepahaman mengenai rencana pembangunan desa perikanan cerdas atau disebut istilah kata Smart Fisheries Village, Rabu (08/3/2023) di Opprom Setda Kabupaten Ciamis Propinsi Jawa Barat.

Turut hadir unsur Pemkab Ciamis, Sekda Kabupaten Ciamis, Dr. H. Tatang, MPD, para Kepala Dinas terutama Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis dan pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Plt. Kepala Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan Jakarta, Sri Pudji kepada media mengatakan, dengan adanya Smart Fisheries Village di Kabupaten Ciamis nantinya mampu mendorong komoditas - komoditas unggulan milik desa dan mendongkrak perkembangan perekonomian masyarakat sekitar.

"Dengan adanya Smart Fisheries Village ini juga bisa membuat masyarakat lebih cerdas dalam meningkatkan pelaku usaha perikanan.

Kenapa demikian kata Smart Fisheries Village ini nantinya bisa membangun sebuah desa yang lebih moderen dan serba Digital baik dalam Tehnologi Budidaya ikan, Pengolahan Produk Pakan, Marketing dan Manajemennya yang serba Digital, " Ungkapnya.

"Smart itu penggalan kata dari S yang artinya STUNABLE' perikanan yang berkelanjutan, M 'MODERINISASI' A 'AKSELARASION' R 'REGENERASI' dan T 'TEHNOLOGI'. Nantinya para pelaku usaha harus anak muda supaya ada regenerasi dan kuat akan peranan Tehnologi," Jelasnya.

Ini merupakan Pilot project berkelanjutan yang di tahun sebelumnya sudah berjalan yakni ada di Desa Panumbangan, Banyumas dan tahun ini akan dikembangan di sembilan kota dan kabupaten lainnya salah satunya di Ciamis.

"Ciamis punya potensi yang luar biasa kemudian kita lihat pemerintah desa, kabupaten dan masyarakat serta pelaku usaha ikan ini juga sangat responsip yang luar biasa. Jadi akan kami dorong Insya Allah nanti di Kawali," Pungkasnya.

 

Tag : No Tag

Berita Terkait