Loading

ARWT Inisiator Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan


Penulis: Nanang
1 Tahun lalu, Dibaca : 265 kali


Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir dalam Pelantikan Pimpinan Anak Cabang (PAC) ARWT Jatinangor di Hotel Taman Melati, Jatinangor.

SUMEDANG, Medikomonline.com - Asosiasi Rukun Warga dan Rukun Tetangga (ARWT) diharapkan menjadi wadah bagi para Ketua RT dan RW dalam meningkatkan partisipasi masyarakat untuk gotong royong.

Demikian kata Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir dalam Pelantikan Pimpinan Anak Cabang (PAC) ARWT Jatinangor di Hotel Taman Melati, Jatinangor, Senin (14/2/2023).

"RT RW berada di level paling bawah yang bisa menggerakkan masyarakat untuk bergotong royong," kata Bupati.

Bupati Dony berharap, Ketua RT RW bisa ikut menginisiasi gotong royong masyarakat dalam berbagai program yang telah dicanangkan oleh pemerintah daerah.

Program program tersebut, kata bupati, seperti Jumat Bersih, Teras Hejo, penanganan stunting, dan masalah kemiskinan, serta pelayanan digital melalui Wa Kepo supaya paham sehingga masalah bisa selesai di tingkat RW.

"Harapannya masalah bisa selesai di tingkat RW dan mereka bisa ikut berpartisipasi untuk gotong royong," ungkapnya.

Dikatakan bupati, tradisi kegotongroyongan sejatinya sudah ada sedari dulu dan perlu dilestarikan agar nilai-nilai tersebut tidak hilang.

"Dulu membangun rumah tetangga gotong royong. Ikut bongkar bongkar bareng kemudian saling bantu. Itu harus dipertahankan dan RTRW di garda depan," tuturnya.

Menurutnya, agar nilai-nilai positif tersebut tidak hilang perlu dipelihara oleh seluruh masyarakat dan hal itu menjadi tugas bagi RTRW sebagai garda terdepan untuk mengajak warga agar dipertahankan

"Jadi saya berharap RTRW ini bisa menjadi intrumen untuk meningkatkan partisipasi warga, swadaya masyarakat dan  kegotongroyongan masyarakat," pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Camat Jatinangor beserta Forkopimcam lainnya, Kepala Desa Cilayung, dan tamu undangan lainnya. 

Tag : No Tag

Berita Terkait