Loading

Capil Kabupaten Bekasi Buka Pos Pelayanan Adminduk di Pasar Central Lippo Cikarang


Manah/Agus
7 Bulan lalu, Dibaca : 197 kali


MANAH/AGUS/MEDIKOMONLINE.COM Foto : saat pelayanan administrasi kependudukan kepada warga masyarakat yang datang di pos Pelayanan Adminduk di Pasar Central Lippo Cikarang Kecamatan Cikarang Selatan.

CIKARANG SELATAN, Medikomonline.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi buka pos Pelayanan Administrasi Kependudukan seperti pelayanan Pembuatan Kartu Keluarga,  Kartu Identitas Anak (KIA ), Pelayanan Akte Kelahiran, Akta Kematian, Pencetakan Kartu Tanda Penduduk, Perkawinan dan Penceraian Non Muslim, serta KTP digital, ( IKD ) Identitas Kependudukan Digital, di Pasar Central Lippo Cikarang Kecamatan Cikarang Selatan.

Kepala Unit Pelayanan Disdukcapil Kecamatan Cikarang Selatan Yayat Chandrahayat, KTP digital atau Identitas Kependudukan Digital (IKD) Digital.id, manfaatnya  untuk menghindari terjadinya pemalsuan data kependudukan. Sebab KTP merupakan identitas resmi seorang penduduk sebagai bukti diri yang diterbitkan instansi pelaksana dan berlaku di seluruh wilayah Negara Indonesia.

"Ini kelebihan Digital.id diantaranya ; 1. Penggunaan lebih simpel, 2. Pembuatan lebih cepat, 3. Tidak perlu dicetak menggunakan blangko, 4. Tidak perlu disimpan di dalam dompet, 5. KTP cukup disimpan di dalam handphone (HP) android atau smartphone, 6. Tidak perlu ada foto kopi KTP untuk mengakses layanan publik, 7. Lebih aman dari pemalsuan data penduduk, dan 8. Tidak ada lagi masalah KTP hilang," ucapnya Kepada awak media, pada Senin (18/9/2023).

Diakuinya, sejak dibukanya pos Pelayanan Administrasi Kependudukan, masyarakat dari luar kecamatan cikarang selatan pun berdatangan untuk melakukan administrasi kependudukan. Kegiatan ini membuka kesempatan kepada masyarakat kabupaten bekasi untuk mendapatkan haknya dalam mendapatkan identitas sebagai warga negara.

"Alhamdulillah, masyarakat Cikarang Selatan dan dari luar kecamatan cikarang selatan antusias untuk melakukan administrasi kependudukan," terangnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait