Loading

HUT Kabupaten Bogor Ke-536, Bupati Ade Yasin Ajak Masyarakat Cintai Kuliner Tradisional


Penulis: Kuswanto/Editor: Mbayak Ginting
2 Tahun lalu, Dibaca : 646 kali


Bupati Bogor Ade Yasin membuka Gerakan Aku Cinta Makanan Tradisional Bahan Pangan Lokal di Kebun Raya Cibinong, Kamis (27/5/2021).

BOGOR, Medikomonline.com – Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Bogor bersama eksportir minyak kelapa sawit Apical menggelar "Gerakan Aku Cinta Makanan Tradisional Bahan Pangan Lokal" dalam rangka HUT Kabupaten Bogor ke-536. Gerakan Aku Cinta Makanan Tradisional Bahan Pangan Lokal ini dibuka Bupati Bogor Ade Yasin di Kebun Raya Cibinong, Kamis (27/5/2021).

Apical Group yang merupakan bagian dari group RGE Group turut mendukung Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor dalam mempromosikan kuliner tradisional diwujudkan melalui  penciptaan resep  kuliner sehat dan inovatif berbasis kelapa sawit berkelanjutan dengan memanfaatkan bahan pangan lokal seperti ubi, bengkuang, dan talas.

Hal ini sesuai dengan arahan dari Bupati Bogor Ade Yasin. Salah satu strategi untuk mengajak generasi muda untuk mencintai kuliner tradisional, yaitu dengan menghadirkan kuliner tradisional dengan inovasi dan olahan modern untuk mendukung komunitas pangan lokal dalam rangka pemulihan ekonomi daerah.

"Menjaga eksistensi kuliner tradisional  serta menempatkannya sejajar atau bahkan lebih tinggi dari kuliner asing akan memberi dampak positif bagi masyarakat. Pengenalan makanan tradisional kepada generasi muda juga penting untuk memperkuat identitas budaya lokal," tambah Ade Yasin.

Fajar Marhaendra, Senior Manager IDEAS Apical mengatakan, Apical telah menyiapkan enam resep kuliner tradisional khas Kabupaten Bogor. "Kami telah menciptakan enam resep berbahan dasar pangan lokal Bogor yang telah kami olah sehingga lebih modern dengan memberi nilai tambahan namun dengan cita rasa khas Bogor yang tidak hilang," ujar Fajar Marhaendra.

Disebutkan Fajar, resep-resep tersebut dinamakan chiffon ubi, pia kelereng, puff pastry bengkuang, puff pastry soto mie Bogor, roti ombak ubi, dan mendut Cibinong yang juga kami tampilkan secara langsung dalam demo masak.

Sementara itu, Ketua Panitia pelaksana Gerakan Makanan Tradisional Bahan Pangan Lokal Hj Herlina mengatakan, kegiatan ini merupakan salah bentuk menyiasati kebangkitan ekonomi di bidang panganan muatan lokal ditengah pandemi COVID-19 belum berakhir.

Lebih jauh disebutkan, dengan menggelar kegiatan sekaligus pencanangan panganan ciri khas Kabupaten Bogor, diharapkan diterima semua kalangan lebih generasi muda. "Terima kasih kami sampaikan kepada Ibu Bupati dan Apical langsung dipimpin oleh bapak Fajar Marhaendra. Bisa mewujudkan kegiatan ini, " kata Herliba. 

Tag : No Tag

Berita Terkait