Loading

Platform Forkopimda Virtual Segera Dirilis


Penulis: Nanang
10 Bulan lalu, Dibaca : 201 kali


Bupati Dony Ahmad Munir didampingi Sekda Herman Suryatman saat menerima kunjungan kerja Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus dan Wakapolda Jabar Brigjen. Pol. Bariza Sulfi di Command Center Sumedang

SUMEDANG, Medikomonline.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) sedang mengembangkan suatu _platform_ aplikasi digital yang rencananya akan dirilis pada Juni 2023 dengan nama "Forkopimda Virtual".

Hal tersebut diungkapkan Sekda Herman Suryatman saat mendampingi Bupati Dony Ahmad Munir dalam acara penerimaan kunjungan kerja Kapolda Jabar Irjen  Pol Akhmad Wiyagus dan Wakapolda Jabar Brigjen. Pol. Bariza Sulfi di Command Center Sumedang, Selasa (23/5/2023).

"Kami Pemda Sumedang bekerja sama dengan Polres, Kodim, PN dan DPRD Kabupaten Sumedang membangun satu platform yang di dalamnya integrasi data anggota Forkopimda. Barusan sudah diujicobakan. Mudah mudahan dalam satu bulan kedepan bisa di _launching_ ," ungkap Sekda Herman.

Dikatakan, sebagaimana harapan dari Bupati, Wakil Bupati bersama Forkopimda, nantinya dalam proses pengambilan sebuah keputusan sesuai dengan bidang tugas masing-masing yang bisa berbasis data lintas.

"Misalnya Kapolres mengambil keputusan atau kebijakan terkait keamanan dari perspektif sosial budaya. Begitu pula Bupati nanti dari perspektif keamanan, pertahanan dan hukum sehingga pengambilan keputusan benar-benar bisa optimal,"tuturnya.

Menurut Sekda, rumus teori kebijakan yakni good data, good descision, good result  menjadi dasar pengmbangan platform tersebut.

Harapannya, kata dia, intermediate goals dari pengembangan platform tersebut adalah pengambilan keputusan Forkopimda semakin efektif, efisien sehingga bisa berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat Sumedang.

"Jadi jika platform nya sudah ada, tinggal input data. Saya kira ini luar biasa dan ini terobosan pertama di republik ini bagaimanaForkopimda bekerja secara integratif berbasis data,"ujarnya.

Sekda mengatakan, dengan hadirnya platform digital tersebut, kolaborasi dan sinergi Forkopimda yang biasa dilakukan secara konvensional kini bisa dilakukan secara virtual untuk memudahkan tugas.

"Mudah mudahan platform ini bisa memudahkan tugas-tugas Forkopimda sehingga ke depan Sumedang bisa lebih maju lagi," pungkasnya. 

Tag : No Tag

Berita Terkait