Loading

Proses Pengadaan Barang dan Jasa Lebih Terintegrasi dan Mudah Dengan Aplikasi SIBARASAT


Penulis: Nanang/Editor: Mbayak Ginting
2 Tahun lalu, Dibaca : 642 kali


Bupari Sumedang H Dony Ahmad Munir

SUMEDANG, Medikomonline.com - Peran Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah memiliki andil yang cukup besar dalam pembangunan di Kabupaten Sumedang, baik itu pembangunan infrastruktur, ekonomi, sosial dan kesehatan.

Pada tahun 2022 mendatang, proses pengadaan barang dan jasa (PBJ) pemerintah di Kabupaten Sumedang  akan semakin mudah dan lebih terintegrasi. Kemudahan tersebut akan dibuat dalam sebuah aplikasi yang dinamakan Sistem Aplikasi Pengadaan Barang dan Jasa Terintegrasi (SIBARASAT).

“Dengan SIBARASAT ini, tender ataupun pengadaan langsung terintegrasi dalam aplikasi. Proses control dan monitoringnya bisa dilaksanakan seefisien mungkin,” ujar Kabag PBJ Andri Indra saat acara Rapat Evaluasi Barang dan Jasa di Hotel Puri Khatulistiwa, Kamis (9/12/2021).

Selain itu, kata Andri, sesuai dengan arah kebijakan dari LKPP, pada tahun ini sudah dirintis program BELA (Belanja langsung) Pengadaan.

Melalui program ini, pada tahun 2022, pola belanja langsung untuk pengadaan di bawah 200 juta akan didorong menggunakan e-commerce. 

“Di tahun 2022 beberapa pengadaan langsung baik untuk makan minum, ATK, kemudian jasa lainnya tidak perlu kontak, kita tinggal belanja seperti di Lazada atau di Toko Pedia. Tinggal klik, bayar, selesai,” tuturnya.

Lebih lanjut Andri mengatakan, pihaknya berencana akan melibatkan UMKM dalam tersebut. Semua itu, kata Andri, tinggal menunggu kesiapan mereka.

“Itu PR kita dan nanti akan berkolaborasi dengan teman-teman dari Disperindag. Kita dorong dan masih ada waktu sampai akhir desember untuk proses verifikasi dan lain sebagainya,” tukasnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait