Loading

RT dan RW se Kecamatan Cikarang Pusat Siap Ikut Lomba Kampung Bersih Makin Berani Tahun 2024


Agus/Manah
13 Hari lalu, Dibaca : 58 kali


AGUS/MANAH/MEDIKOMONLINE.COM Foto : kegiatan sosialisasi Lomba Kampung Bersih makin berani maju dan berprestasi dalam rangka menyambut hari jadi kabupaten bekasi ke 74 dan HUT RI Ke-79.

CIKARANG PUSAT, Medikomonline.com - Menyambut Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-74 dan HUT RI Ke-79 tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Bekasi kembali akan menggelar Lomba Kampung Bersih Makin Berani Maju dan Berprestasi. Acara hari ini adalah sosialisasinya untuk kegiatan lomba Kampung bersih makin berani di tingkat RT dan RW se Kecamatan Cikarang Pusat. Acara tersebut dilaksanakan di Aula, Desa Hegarmukti Kecamatan Cikarang Pusat, pada Rabu (10/7/2024)

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menyampaikan tujuan digelarnya Lomba Kampung Bersih, selain untuk mengurangi sampah dan menciptakan kampung yang bersih dan indah, juga untuk menghidupkan kembali budaya gotong-royong di tengah masyarakat. 

"Ya, kita ingin hidupkan kembali kebiasaan gotong royong dalam kehidupan sehari-hari, karena gotong-royong adalah budaya asli kita, budaya bangsa Indonesia," kata Dani Ramdan saat mensosialisasikan lomba kampung bersih terhadap RT dan RW se Kecamatan Cikarang Pusat.

Dani mengatakan, agar lomba kampung bersih dapat berjalan lebih masif, tahun ini akan melibatkan seluruh RT di wilayah Kabupaten Bekasi. 

"Pada lomba kampung bersih ini, kita inginkan setiap RT harus ikut serta, dan harus bisa menggerakkan semua masyarakat atau warganya untuk berpartisipasi menciptakan lingkungan yang sehat, bersih dan indah," ujarnya.

Dijelaskannya, berbeda dengan tahun lalu, untuk kriteria penilaian lomba kampung bersih tahun ini akan disederhanakan dan hanya ada tiga kriteria. 

"Hanya ada tiga hal yang dinilai yaitu, kegotong-royongan atau jumlah partisipan masyarakat yang ikut serta, ketersediaan sarana dan prasarana sampah, dan yang terakhir antusiasme, publikasi dari apa yang mereka kerjakan," terangnya. 

Dani mengatakan, lomba kampung bersih akan melibatkan seluruh aparatur pemerintah, mulai dari tingkat desa hingga kecamatan yang akan bertindak sebagai koordinator. 

"Perlombaan di tingkat RT dan RW akan dikoordinir oleh pemerintah desa, dan para camat juga akan berupaya supaya wakil dari kecamatannya yang menang di tingkat kabupaten, jadi semua ikut terlibat dalam lomba kampung bersih ini," ujarnya

Sementara itu Camat Cikarang Pusat Edward Sutarman menyampaikan, bahwa ada tiga hal yang akan disampaikan, pertama adanya kegiatan botram di desa Hegarmukti, tentunya untuk membantu kepada masyarakat dalam hal pelayanan. Yang kedua pembangunan di wilayah kecamatan Cikarang pusat baik insfratruktur dan lainnya terus berjalan, dan ada satu lagi yakni pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) yang selama ini selalu si usulkan di Musrenbang, tentu saja tujuannya untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) keahlian atau keterampilan. 

"Pastinya BLK ini buat anak-anak kita, dan yang ketiga ucapan terima kasih atas bertambahnya perpanjangan masa jabatan Kepala Desa menjadi 8 tahun, dan yang terakhir tentang lomba kampung bersih makin berani, yang ternyata 179 RT dan 73 RW telah siap mengikuti lomba kampung bersih makin berani maju dan berprestasi," pungkasnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait