Loading

Tahun Baru Semangat Baru, ASN Harus Menjadi Contoh Yang Baik dan Introspeksi Diri


Penulis: Herz_Cms
2 Tahun lalu, Dibaca : 671 kali


Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya MM melantik 228 pejabat fungsional di halaman Gedung Negara Setda Kabupaten Ciamis, Jum”at pagi (31/12/2021).

CIAMIS, Medikomonline.com - Tepat di penghujung tahun 2021, Jum’at pagi (31 Desember 2021), Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya MM melantik 228 pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ciamis. Pelantikan berlangsung hidmat di halaman Gedung Negara Pemkab Ciamis, Propinsi Jawa Barat dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Usai pelantikan di hadapan ratusan pejabat fungsional yang diangkat dan dilantik sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Ciamis Nomor 821.2/KPTS.1364/BKPPSDM.3/2021 Tanggal 30 Desember 2021 dan dihadiri beberapa tamu undangan Prokopimda Ciamis, Herdiat mengucapkan, Selamat Tahun Baru 2022. “Jadikan jabatan baru ini sebagai semangat baru untuk Ciamis ke depan lebih baik,” kata Bupati.

Herdiat mengatakan, “Alhamdulillah meski di tengah pandemi Covid-19 masih terus menyelimuti negeri termasuk Ciamis hampir dua tahun ini, kita Pemerintah Kabupaten Ciamis berdampak dan kita tahu semua, pasca pandemi covid 19 banyak peraturan, kebijakan atau anggaran yang setiap saat berubah – rubah. Tentu hal ini pun terkadang berat dan beresiko dilaksanakan, namun berkat kegigihan dan peran andil kita semua Ciamis mampu meraih berbagai penghargaan baik dari Pemerintah Pusat, Propinsi Jawa Barat dan lembaga pemerintah/non pemerintah lainnya.”

Bupati sangat mengapresiasi dan mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh jajaran yang saat ini sudah baik dalam menjalankan tugasnya. “Ini pun adalah pengabdian yang luar biasa. Maka tetap ke depan harus bisa lebih baik lagi,” tekannya.

“Dua tiga bulan terakhir penanganan kasus terkonfirmasi positif covid 19, Alhamdulillah Ciamis zona zero dari terkomfirmasi Covid 19. Ini sebuah prestasi yang luar biasa pula,” imbuhnya.

Herdiat menekankan, jadikan jabatan yang baru ini adalah sebuah introspeksi diri dan mari kita sama – sama mengintrospeksi diri selama setahun ini, apa yang sudah kita perbuat demi diri dan Ciamis ke depan lebih baik.

“Baik buruknya kita, sejatinya diri kita ini sudah bisa mengetahuinya. Tinggal bagaimana kita menjalankan ke depan bisa menjadi lebih baik lagi,” ajaknya. 

Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya MM melantik 228 pejabat fungsional di halaman Gedung Negara Setda Kabupaten Ciamis, Jum”at pagi (31/12/2021).

Herdiat menekankan pula, sebagai pejabat harus tertanam jiwa dan ahlak yang baik agar bisa menjadi contoh atau teladan bagi masyarakat. “Karenanya yakin dengan dimulai dari diri kita sendiri sebagai pejabat/publik figur mampu memberikan contoh yang baik bagi masyarakat, Insya Alloh bahkan sudah barang tentu akan bisa menjadi lebih baik,” tegas Bupati.

“Jabatan ini adalah amanah, terpenting dalam melayani dan menjalankan tugas ini harus benar – benar baik,” katanya.

Bupati mengimbau ke depan perhatikan dengan sungguh – sungguh, aspek administrasi.  Pihaknya tidak ingin ada Aparatur Sipil Negara ini tersangkut dengan masalah hukum. Maka perhatikan mulai dari perencanaan, pelaksanaan program, pelaporan yang baik dan benar, terarah, teratur sesuai peraturan yang ada.

“Administrasi harus menjadi perhatian yang serius. Karena administrasi ini harus benar sesuai peraturan dan dijalankan sebagaimana mestinya,” tekannya.

Herdiat mengimbauu tetap harus waspada dengan virus covid 19, meski kita sudah di vaksin tetap harus waspada dan kedepankan protokol kesehatan.

Terlebih yang sekarang harus juga lebih di waspada adanya varian virus baru yakni omicrom ini kecepatan menyerang lebih cepat/ganas dari covid 19 jenis varian delta. Dan ini sudah masuk ke Indonesia. Untuk itu mari kita harus tetap waspada terhadap penyakit virus varian baru ini.

Pelantikan Kali Ini Berbeda Dengan Tahun Sebelumnya

Disinggung pengangkatan dan pelantikan pejabat fungsional yang tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya mengingat sekarang ini tidak ada/hilangnya jabatan Kepala Seksi (Kasi) atau Kepala Sub Bagian (Kasubag), Bupati Ciamis Herdiat Sunarya melalui Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Ciamis Ai Rusli Suargi SSTP MSi kepada Medikomonline.com mengatakan, pelantikan ini adalah sebagai tindak lanjut dari ketentuan dalam Permenpanrb Nomor 17 Tahun 2021 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional.

“Ini tidak semua esselon IV dijadikan jabatan fungsional, akan tetapi hanya untuk SKPD tertentu sebagaimana rekomendasi Menpan RB Nomor b.467/kt.01/2021 Tanggal, 27 Mei 2021 tentang Rekomendasi Penyederhanaan Struktur Organisasi,” jelasnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait