Loading

Warga 6 Desa Se Kecamatan Cikarang Pusat Antusias Urus Dokumen Kependudukan di Kegiatan Botram Desa


Manah/Agus
1 Bulan lalu, Dibaca : 128 kali


MANAH/AGUS/MEDIKOMONLINE.COM Foto : masyarakat Cikarang Pusat yang sangat antusias urus dokumen kependudukan di kegiatan Botram di halaman desa Hegarmukti Kecamatan Cikarang Pusat, pada Rabu (10/7/20

CIKARANG PUSAT, Medikomonline.com - Camat Kecamatan Cikarang Pusat Edward Sutarman apresiasi warga yang antusias untuk mengurus dokumen kependudukan di kegiatan Kolaborasi Terus Melayani (Botram) desa, yang di laksanakan di Desa Hegarmukti, pada Rabu (10/7/2024). Kegiatan Botram tersebut diinisiasi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi.

Menurut Edward, seperti yang sudah diagendakan, pada hari ini Rabu 10 Juli pelaksanaan (Botram) Berkolaborasi Terus Melayani Desa yang dilaksanakan untuk pertama kalinya di desa Hegarmukti di wilayah kecamatan cikarang pusat.

"Dalam acara Botram, saya mengucapkan terima kasih kepada Pemda kabupaten bekasi, karena dengan acara ini, warga 6 desa di wilayah kecamatan cikarang pusat dapat terpenuhi dari pelayanan Adminduk, kesehatan, BPJS, bank BJB, dan Dinas-dinas terkait," ucapnya.

Dalam kegiatan Botram katanya lagi, banyak pelayanan yang diberikan, oleh semua dinas. Baik berkaitan dengan identitas kependudukan dan lainnya, bahkan ada stan dari UMKM kecamatan cikarang pusat.

"Alhamdulillah dari UMKM Kecamatan Cikarang Pusat pun ikut berpartisipasi seperti di event ini," jelasnya.

Edward pun menjelaskan, agar warga 6 desa mengetahui kegiatan Botram, pihak kecamatan dan desa pun telah melakukan woro-woro yakni pemberitahuan kepada warga secara keliling.

"Saya berharap agar ditingkat warga untuk segera mengurus identitas kependudukannya, termasuk untuk mengurus KIS di acara Botram ini, dan semoga tiap tahun kegiatan Botram terus berlanjut," tuturnya.

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menyampaikan, penyelenggaraan kegiatan BOTRAM yang semula diadakan 3 bulan sekali dengan berkeliling ke setiap kecamatan baik yang berada di wilayah utara maupun selatan Kabupaten Bekasi, dalam perjalanannya ternyata mendapat respon yang sangat baik dari masyarakat.

Sehingga pemerintah daerah pun berinisiatif untuk mengadakan kegiatan BOTRAM ini menjadi lebih intens seminggu tiga kali. Bahkan tak hanya itu, saat ini Botram hadir menjangkau setiap desa yang ada di Kabupaten Bekasi, setelah desa ciantra kecamatan cikarang selatan dan sekarang di desa Hegarmukti kecamatan cikarang pusat.

“Alhamdulilah Rabu ini Desa Hegarmukti dijadikan lokasi Botram. Kalau dulu kita mulai di tingkat Kecamatan sekarang di desa dan intensitasnya lebih tinggi. Tentunya dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” terang Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan usai membuka acara Botram di Halaman Kantor Desa Hegarmukti Kecamatan Cikarang Pusat.

Dani Ramdan mengatakan, berbeda dengan Botram Kecamatan yang hadir di akhir pekan. Stand-stand pelayanan di Botram Desa justru tersedia di hari kerja.

Kendati demikian animo masyarakat yang hadir di Botram desa ini begitu antusias. Terlihat dari antrian pada stand pelayanan adminduk dan pelayanan pembayaran pajak dari Bapenda.

“Kami juga mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh aparatur desa untuk menginformasikan layanan Botram ini kepada masyarakat. Sosialisasi yang sangat bagus, terlihat dari antusias masyarakat begitu ramai dan penuh siang hari ini meskipun di hari kerja. Dan memang kerjasama seperti ini yang dibutuhkan baik dari Pemerintah Daerah, Kecamatan bersama dengan desa,” jelasnya.

Dani Ramdan menambahkan, sebagaimana slogan Pemerintah Kabupaten Bekasi yakni Makin Berani (Mantapkan Kinerja dalam Bekerja dan Melayani), dalam implementasinya selain meningkatkan intesitas penyelenggaraan Botram seminggu tiga kali. Kedepan pihaknya juga akan mensupport setiap dinas yang membuka pelayanan dalam kegiatan botram dengan mobil layanan keliling agar lebih efektif dan efisien.

“Dengan mobil layanan keliling ini nantinya jadi lebih ringkas, peralatan dan pelayanan oleh petugas itu bisa dari kendaraan. Ditambah tenda yang terpasang di kendaraan, jadi lebih praktis. Dan membantu mobilitas pelayanan itu sendiri, mau di lapangan, di halaman kantor desa, di mall. Kita siap menjangkau masyarakat,” tutupnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait