Loading

Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Bekasi Siap Pecahkan Rekor Muri, Peragaan Bendera Semafor


Penulis: Agus Nuryadin/Manah Sudarsih/Editor: Dadan Supardan
1 Tahun lalu, Dibaca : 433 kali


Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Bekasi Yana Suyatna melantik Mabiran dan Pengurus Kwaran Kecamatan Bojongmangu, di gedung serba guna Buper Karang Kitri, pada Jumat (5/8/2022). (AGUS/MANAH/MED

BOJONGMANGU, Medikomonline.com - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Bekasi sedang mempersiapkan pemecahan Rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) peragaan bendera semafor terbanyak, dengan menampilkan pesan sandi bertuliskan "Kabupaten Bekasi Makin Berani."

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Bekasi, R. Yana Suyatna mengatakan, aksi tersebut akan digelar di Bumi Perkemahan (Buper) Karang Kitri Desa Karangmulya Kecamatan Bojongmangu, bertepatan dengan peringatan HUT Pramuka ke-61, pada 14 Agustus 2022.

"Ya, untuk pemecahan Rekor MURI Semafor sedang kita siapkan. Kalau satu SMA dari 23 kecamatan masing-masing mengirimkan 200 orang, sudah terkumpul 4.600 orang. Ditambah SD dan SMP penggalang, kita prediksi sekitar 7.500 orang, itu sudah memenuhi Rekor MURI Tahun 2022," kata Yana kepada awak media, di Buper Karang Kitri, Jumat (05/08/22).

Ia menyebutkan, Rekor MURI peragaan semafor terbanyak pernah dilakukan di Kota Kediri dengan jumlah peserta sekitar 5000 orang.

"Sekarang kita sedang konsolidasi, untuk mempersiapkan pesertanya, bahkan ada sekolah yang siap mengirimkan 500 sampai 1000 orang, hanya masalahnya terkendala oleh terbatasnya kendaraan yang menuju ke Buper Karang Kitri," terangnya.

Alternatif yang kedua, ungkap Yana, bisa dilakukan secara virtual dengan melibatkan peserta Jambore Ranting dimasing-masing kwaran di 23 kecamatan, dengan peragaan bendera semafor secara serempak.

"Kalau dengan sistem zoom (virtual), dan bisa dicatat sebagai pemecahan rekor, ini jumlahnya bisa lebih fantastis lagi, yakni bisa sampai 25.000 orang," paparnya.

Lebih jauh Yana Suyatna mengungkapkan, apakah nanti peragaan bendera semafor Pramuka Kabupaten Bekasi dapat memecahkan rekor Muri atau tidak, yang paling utama adalah hadirnya kebersamaan.

"Jadi pada prinsipnya kita akan hadirkan jumlah peserta semaksimal mungkin. Apakah nanti tercatat sebagai Rekor Muri atau tidak, tergantung jumlah peserta yang bisa kita kumpulkan. Yang pasti, kita akan cari solusi bagaimana para peserta bisa hadir di Buper Karang Kitri Bojongmangu," pungkasnya. 

 

Tag : No Tag

Berita Terkait