Loading

Lemahnya Pengawasan Dinas PUPR Subang, Proyek Dikerjakan Asal-asalan


Penulis: Mala/Editor: Mbayak Ginting
4 Tahun lalu, Dibaca : 1488 kali


Proyek Tembok Penahan Tanah (TPT) di Desa Munjul, Kecamatan Pagaden Barat diduga tidak sesuai spesifikasi teknis. (Foto: Mala/Medikomonline)

SUBANG, Medikomonline.com - Banyaknya proyek yang dikerjakan dengan asal-asaln, diduga akibat lemah pengawasan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Subang. Dinas PUPR Subang dinilai tidak maksimal dalam mengawasi pekerjaan, sehingga banyak proyek yang dikerjakan oleh kontraktor tidak sesuai dengan petunjuk teknis dari pemerintah.

 

Salah satunya proyek Tembok Penahan Tanah (TPT), yang berlokasi di Desa Munjul Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang.  Diduga proyek tersebut tidak sesuai spesifikasi teknis.

 

Hasil investigasi Medikomonline di lapangan, proyek TPT tersebut tidak menggunakan pondasi dan pasangan batu yang seharusnya adukan terlebih dahulu. Batu ini malah pasangan batu terlebih dahulu, dan baru adukan semen.

 

Menurut keterangan pekerja di lokasi proyek, kontraktornya bernama Budi. Sedangkan pengawas dari Dinas PUPR Subang bernama Uut, tapi pengawas dari Dinas PUPR tidak pernah datang ke lokasi peroyek.

 

Saat dikonfirmasi Kabid Wasdal Amin, Rabu (11/12/2019) memaparkan, terkait  pekerjaan pengawas, fungsi pengawas itu untuk mengawasi semua pekerjaan. 

 

" Tidak mungkin kalau pengawas tidak pernah datang ke lokasi. Adapun proyek yang berlokasi di Pagaden Barat pengawasnya pa Uut, tapi pengawas lagi sakit," kata Amin.

 

Setelah dikonfirmasi, Amin berencana akan memerintahkan ke pengawas untuk meninjau proyek TPT ke lokasi. 

"Coba nanti saya akan perintahkan ke pengawas 2 untuk datang  ke lokasi proyek," kata Amin. 

Tag : No Tag

Berita Terkait