Loading

Pemprov Jabar Salurkan Bansos Reguler Lebih Dari Rp1 Miliar


Penulis: Nanang/Editor: Mbayak Ginting
2 Tahun lalu, Dibaca : 723 kali


Penyerahan Bansos dilaksanakan secara simbolis oleh Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat Emma Siti Fatima kepada Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir di Gedung Negara.

SUMEDANG, Medikomonline.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyalurkan bantuan sosial (Bansos) reguler senilai Rp1 miliar lebih kepada masyarakat Kabupaten Sumedang.

Penyerahan Bansos dilaksanakan secara simbolis oleh Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Jabar Emma Siti Fatima kepada Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir di Gedung Negara, Senin (6/12/2021) untuk kemudian diserahkan kepada masing-masing  penerima manfaat.

Emma Siti Fatima menyampaikan, Bansos yang diberikan meliputi Bansos Kelompok Usaha Bersama (KUBE) kepada keluarga miskin yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Ada enam KUBE yang mendapatkan bantuan sosial regular. Yaitu, KUBE Kalapa Satu  sampai dengan Kalapa Enam. Masing masing sebesar 30 juta  dengan jenis usaha, tiga KUBE ternak kambing, dua KUBE pengerajin Bongsang dan satu KUBE ternak Domba,” ujarnya.

Dikatakan Emma, Bansos reguler  diberikan juga kepada Lembaga Kesejahteraan Sosial  (LKS) serta satu orang janda pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Ada dua LKS penerima, yakni Yayasan Simpay Asih dan Yayasan Riyadatul Jannah masing-masing mendapat 50 juta. Kemudian diberikan kepada satu janda pahlawan perintis kemerdekaan di Sumedang yaitu Ibu Maryam,” katanya.

Emma menuturkan, sebagai upaya membantu masyarakat yang terdampak Covid-19, selain menyalurkan Bansos reguler, Pemprov Jabar juga memberikan Bansos PPKM kepada masyarakat yang terdampak secara ekonomi.

"Khusus di Kabupaten Sumedang, 325 pelaku usaha mikro mendapat 1 juta. Kemudian pelaku usaha pariwisata, pelaku seni budaya dan pelaku ekonomi kreatif sebanyak 1.108 orang masing masing mendapat 300 ribu rupiah. Adapun pedagang pasar rakyat sebanyak 441 orang mendapat 250 ribu rupiah dan 16 LKS masing-masing mendapat Rp3 juta rupiah," ujarnya.

Dikatakan, selain untuk menguatkan kapasitas fakir miskin dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga, Bansos juga ditujukan untuk meningkatkan kemampuan berusaha sehingga mampu memenuhi kebutuhan secara mandiri.

“Total keseluruhan bantuan sosial yang diberikan Pemrov Jabar tahun 2021 kepada Sumedang Rp. 1.094.150.000 dan sebagian masih masih dalam proses khususnya bansos PPKM mulai 30 November sampai 11 Desember 2021” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas bantuan yang diberikan Pemprov Jabar kepada masyarakat Kabupaten Sumedang.

“Insyaallah akan kami salurkan dengan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin di bawah koordinasi dan pengawasan Dinsos Sumedang sehingga tepat guna dan tepat sasaran,” ucap Bupati.

Bupati Dony mengatakan, sebagaimana tujuan bernegara dalam mensejahterakan masyarakat, pemerintah harus dengan berbagai kebijakannya dalam mengatasi persoalan PMKS dan sebagainya.

“Kepada penerima manfaat saya berpesan agar memanfaatkan bantuan yang diberikan dengan sebaik-baiknya. Tujuan kita bernegara  adalah mensejahterakan rakyat termasuk memberikan memberikan bantuan kepada yang lemah,” kata Bupati.

Turut hadir mendampingi Bupati, Kepala Dinsos P3 A Kabupaten Sumedang Dikdik Sadikin, Camat Sumedang Selatan Syarif Effendi Badar, dan Camat Cisarua Marlina.

Tag : No Tag

Berita Terkait