Loading

Selama PSBB: Memakai Masker dan Jaga Jarak Terus Meningkat


Penulis: Nanang/Editor: Mbayak Ginting
8 Bulan lalu, Dibaca : 197 kali


Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan (kanan)

SUMEDANG, Medikomonline.com - Selama beberapa pekan diterapkan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) atau Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional, tren kepatuhan warga Jawa Barat untuk memakai masker dan menjaga jarak terus meningkat. 

Demikian disampaikan Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan saat diwawancarai setelah mengikuti Rapat Koordinasi Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Provinsi Jawa Barat secara virtual, di Pendopo IPP Setda Kabupaten Sumedang, Senin (8/2/2021).

"Penjelasan dari Gubernur, Sekda, Pangdam dan Polda, kita dengar banyak berita baiknya. Ini tren yang sangat baik, sekarang masyarakat sudah menyadari pentingnya protokol kesehatan. Semoga di Sumedang dapat dilaksanakan secara optimal terutama untuk masalah pemulihan ekonomi," ujarnya.

Erwan mengatakan, saat ini sudah ada kabupaten/kota di Jawa Barat di luar Kabupaten Sumedang yang telah membentuk di Satgas Pemulihan Ekonomi Daerah. Menurutnya, Kabupaten Sumedang merupakan satu-satunya daerah yang pertama di Jawa Barat  yang membentuk Satgas Pemulihan Ekonomi.

"Tanggal 7 Juli 2020 kita sudah membentuk Satgas Pemulihan Ekonomi, mungkin di Jawa Barat kita yang pertama. Sekarang akan kita sempurnakan menjadi Komite Pemulihan Ekonomi dan Penanganan Covid-19 disesuaikan dengan Permendagri yang baru, mudah-mudahan selesai," kata Wabup.

Erwan menuturkan, sesuai arahan dari Gubernur Jawa Barat terkait optimalisasi penanganan Covid-19 di daerah, dirinya menekankan, agar terus meningkatkan kewaspadaan dan PPKM yang sedang berlangsung lebih diperketat untuk menekan laju penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sumedang.

Dikatakan Erwan, saat ini Kabupaten Sumedang berada di zona kuning setelah sebelumnya berada di zona orange. Melalui berbagai upaya pencegahan, kata Wabup, diharapkan  Kabupaten Sumedang secepatnya  masuk ke zona hijau.

"Minggu ini kita sudah masuk di zona kuning. Mudah-mudahan dalam satu atau dua pekan ke depan setelah vaksinasi selesai, Sumedang bisa menjadi daerah pertama di Jawa Barat masuk ke zona hijau," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Erwan, terkait perkembangan vaksinasi di Kabupaten Sumedang, pelaksanaan vaksinasi saat ini sudah dilaksanakan di beberapa fasilitas kesehatan. Ia memperkirakan pelaksanana vaksinasi di Kabupaten Sumedang mencapai 90%.

"Perkembangan vaksinasi diatas 90 persen bahkan sudah hampir mendekati 100 persen. Puskesmas semuanya sudah. tinggal RSUD. Insya Allah besok selesai," pungkasnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait