Loading

Warga Tatar Galuh Ciamis Kecewa Gubernur Tidak Hadir pada Acara Opening Seremoni Porprov di Ciamis


Penulis: Herz_Ciamis/Editor: Dadan Supardan
1 Tahun lalu, Dibaca : 581 kali


Andy Ali Fikri

KAB. CIAMIS, Medikomonline.com - Ketidakhadiran Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pada acara Grand Opening Seremoni (Porprov) Pekan Olahraga Provinsi Jabar ke 14 tahun 2022 yang diselenggarakan di Stadion kebanggaan warga Tatar Galuh Ciamis, Sabtu petang (12/11/2022) kemarin malam Minggu membuat warga Tatar Galuh Ciamis kecewa.

Ketidakhadiran Gubernur Jabar pada acara yang megah dan meriah di mana semua para Kepala, Wakil Kepala Daerah Kabupaten/Kota serta para petinggi pejabat daerah lainnya baik dari Provinsi maupun Kabupaten/Kota turut hadir langsung menyaksikan gelaran akbar dan menakjubkan penonton itu.

Pegiat kemajuan daerah Kabupaten Ciamis, Andy Ali Fikri, Senin pagi (14/11/2022) kepada Medikomonline.com mengungkapkan rasa kekecewaan atas ketidakhadirannya Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Para Kepala Daerah Kabupaten/Kota se Jawa Barat dan para pejabat tinggi lainnya turut hadir, Jelas Andy Ali Fikri, ini berbeda dengan Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang dalam hal ini diwakilkan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Uu Ruzhanul Ulum, S.E.

Ia sangat kecewa, di mana Porprov ini sebetulnya hajat provinsi dan Ciamis salah satu tempat yang ditunjuk sebagai tuan rumah dengan 8 Cabang Olahraga (Cabor).

Dikatakan, jujur saja ada yang kurang menarik ketika acara sebegitu megah dan meriah Gubernur Jabar tidak hadir. Padahal agenda ini sejatinya milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan tujuan mencari atlet-atlet muda olahraga untuk jenjang ke depannya.

Gebyar Tarian Arena Bintang (Kalang Bentang-Sunda) Merupakan Gambaran Porprov Adalah Para Atlet Bintang Sedang Bertanding di Arena (Foto: Herz_Cms)

Kemeriahan Acara Grand Opening Seremoni Porprov Jabar Ke-14 di Stadion Ciamis, Sabtu Malam Minggu (12/11/2022). (Foto) ; Herz_Cms.

Kita paham bahwa Jawa Barat ini sudah menjadi unggulan tingkat PON Pekan Olahraga Nasional di tahun 2016 yang lalu dan 2021 kemarin di Papua. Ini adalah sebuah prestasi serta kebanggaan tersendiri bagi warga Jawa Barat,” katanya.

“Porprov ini ajang seleksi untuk nanti kegiatan PON di Tahun 2024 mendatang di Aceh, Sumatera Utara.

Kehadiran Gubernur Jabar di sini kenapa menurutnya menjadi urgen/penting, ya itu tadi kegiatan Porprov ini adalah kegiatan/hajatnya Pemprov Jabar.

Bukan menafikan kehadiran Wakil Gubernur, hanya menurutnya ini akan lebih memberi energi keluar bagi para atlet ketika sosok pemangku Kepala Daerah setingkat Provinsi Jawa Barat bisa hadir langsung di acara Grand Opening Seremoni di Ciamis.

Lebih lanjut Andy mengungkapkan, kehadiran di sini bukan lagi bicara suport materi melainkan dukungan morillah yang juga sangat dibutuhkan demi memberi energi positif khususnya bagi para atlet yang ikut di pertandingan Porprov Jabar ini.

Para atlet perlu dukungan dari stakeholder dan dimotivasi nilai-nilai kebanggaan seorang atlet di kemudian hari, karena juga para atlet olahraga yang juara ini nantinya menjadi atlet yang hendak mengharumkan nama Jawa Barat ke depan.  

Sehingga nilai-nilai energi positif kemarin acara opening seremoni ini tidak dapat dan mohon untuk Pemerintah Jawa Barat khususnya Gubernur, Ridwan Kamil yang tidak hadir itu agar bisa dan lebih bisa memahami bahwa ini adalah hajat besar bersama juga kepentingan besar mewujudkan prestasi anak-anak atau atlet olahraga di kemudian hari.

“Ya, mudah-mudahan ungkapan masyarakat Tatar Galuh Ciamis dengan harapan keseriusan dari Bapak Gubernur menyikapi Porprov ke 14 ini jangan sampai di kemudian hari terjadi banyak persepsi dan asumsi bahwa ketidakhadiran Gubernur Jabar ini menjadi hal-hal yang persepsinya lain, bahwa ini harus tetap fokus mencetak kader-kader olahraga yang sarat potensial yang menjadikan seleksi nantinya akan mengharumkan nama Jawa Barat.

Harapan kembali mohon dengan seksama Gubernur Jabar, Ridwan Kamil untuk bisa lebih serius fokus pada Porprov Jabar yang ke 14 yang sekarang sedang berjalan. Sehingga juga di kemudian hari jangan sampai ada menjadi asumsi sengketa politik terkait pencalonan KONI Komite Olahraga Nasional Indonesia Jawa Barat,” tuturnya.

Masih dari Andy, saya pikir jangan juga lantas menempatkan asumsi di situ, karena menurutnya ini tidak ada takaran ruang kedewasaan dalam birokrasi (pemerintah).

Kembali lagi ke pokok masalah bahwa Porprov ini adalah hajat publik, hajatnya masyarakat umum Jawa Barat yang memang harus lebih legowo dan menahan diri dari sahwat politik untuk menyikapi fenoma-fenomen hari ini.

“Prioritaskan kemaslahatan umat yang lebih penting dari pada nilai-nilai yang sekiranya sangat tidak menarik dalam percaturan-percaturan yang bukan olahraga,” harapnya.

Menanggapi hal tersebut, Ajudan Gubernur Jawa Barat Ivan Rivandani, Senin siang (14/11/2022) dikonfirmasi Medikomonline.com mengatakan, jika dirinya sudah mau lima hari ini tidak masuk. Padahal Medikomonline.com mencoba menanyakan jadwal Bapak Gubernur Jawa Barat Sabtu sore kemarin kemana dan ada kegiatan apa dan dimana? Dirinya belum memberikan keterangan kegiatan Gubernur di mana dan apa? Sebagaimana yang dimaksudkan.

Selanjutnya disampaikan tujuan Medikomonline.com hendak mengkonfirmasi ketidakhadiran Gubernur pada acara “Grand Opening Seremoni Porprov Jawa Barat yang ditempatkan di Stadion Ciamis” disarankan untuk menghubungi, Ajudan yang satunya lagi yakni Ivan Toro.

Hingga berita ini diturunkan, Medikomonline.com masih menunggu tanggapan maupun jawaban dari Bapak Gubernur Jawa Barat, meski dalam hal ini sudah disampaikan, ketidakhadirannya di acara Grand Opening Seremoni (Pembukaan) Porprov Jabar di Stadion Ciamis Sabtu malam Minggu kemarin kenapa? Mengingat pada pembukaan dan sambutan yang disampaikan Wakil Gubernur Jabar tidak disampaikan ketidakhadiran Gubernur Jabar. 

Tag : No Tag

Berita Terkait