Loading

FORUM KOMUNIKASI CALON PENGAWAS (FKCP) 2019 SIAP KAWAL PROGRAM KADISDIK


Penulis: Agus Solehudin
2 Tahun lalu, Dibaca : 917 kali


Forum Komunikasi Calon Pengawas dan Kadisdik Jabar

 Oleh Agus Solehudin

(Ketua FKCP 2019)

Kami mengucapkan syukur alhamdulillah, terimakasih atas sambutan Dinas Pendidikan  Prov. Jawa Barat atas kehadiran kami Forum Komunikasi Calon Pengawas 2019 (FKCP 2019). Dalam pertemuan yang sangat luar biasa hangatnya ini, satu hal penting yang menjadi catatan kami selaku calon pengawas yakni pesan yang disampaikan oleh Bpk Kadisdik yang baru...beliau berpesan bahwa program penjaminan mutu pendidikan di Jawa Barat harus berjalan.

Pengawas sekolah sebagai garda terdepan dalam penjaminan mutu pendidikan tentu memegang peranan yang sangat strategis. Tidak ada satu pun kegiatan di satuan pendidikan yang tidak luput dari pengawasan dan pemantauan pengawas sekolah, mengingat dua hal pokok fungsi kepengawasan, yakni supervisi akademik dan supervisi manajerial.

Di bawah komando Bpk Kadisdik Jabar tentunya kami siap hadir ikut serta memulas, memoles dan mewarnai satuan pendidikan mulai proses PPDB, peserta didik mengikuti program KBM yang diakhiri dengan kepemilikan ijazah.

Kami siap menggelorakan adaptasi kebiasaan baru pada kegiatan PPDB, untuk meminimalisir keriuhan hiruk pikuk proses PPDB hingga akhir-akhir ini mencuat indikasi praktik "titipan". Tentu hal ini  mestinya tidak terjadi, andai kuantitas pengawas sekolah cukup memadai.

Ke depan kami siap menjalankan adaptasi kebiasaan baru untuk memastikan bahwasanya seluruh masyarakat Jawa Barat dapat tersentuh oleh layanan pendidikan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Prov. Jawa Barat dalam mengemban visi peningkatan indeks pendidikan sebagai wujud dukungan Dinas Pendidikan dalam mendongkrak Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Jawa Barat.

Kami sangat siap mendampingi langkah baik Bpk Kadisdik yang pro terhadap guru dengan program peng-SK-an GTT Non ASN oleh Gubernur Jawa Barat. Tentu kami wajib hadir di ranah ini dalam rangka memvalidasi dan memverifikasi data guru sehingga betul-betul data tersebut memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Langkah ini tentu tidak hanya sampai di SK, perlu kontrol intensif program ini dari seorang pengawas sekolah.

Sebagaimana diketahui bahwa di tahun 2020 Pemprov Jabar telah meluncurkan satu program penjaminan agar warga masyarakat Jawa Barat dapat menikmati pendidikan menengah dalam wujud program SPP Gratis. Tugas pengawas adalah memonitor dan mengawasi sehingga betul-betul terjamin di lapangan bahwa program ini berjalan dengan baik. Di samping itu, kami siap mendampingi sumber pendanaan lainnya yang turun ke sekolah lewat dana BOS. Untuk memastikan program ini benar-benar tepat sasaran dengan akurasi yang tinggi tentu kami siap hadir pada ranah ini.

Kami pun siap merespons pernyataan Ibu Menteri Keuangan dalam pernyataannya yang mengisyaratkan bahwa sarana prasarana sekolah hari ini masih belum sebanding dengan dana yang digelontorkan oleh Kementrian Keuangan. Kami siap mengembangkan dan mensosialisasikan adaptasi kebiasaan baru bahwa program-program bantuan pemerintah di bidang sarana prasarana betul-betul tepat guna dan tepat sasaran.

Pada akhirnya, kami siap membangun dan mensosialisasikan adaptasi kebiasaan baru pada ranah supervisi akademi dan supervisi manajerial yang terdapat pada setiap standar di 8 Standar Nasional Pendidikan. ***

Tag : No Tag

Berita Terkait