Loading

Enam Jenis Batik Kasumedangan Diperagakan Dalam Lomba Berbusana Motif Batik Jawa Barat


Penulis: Nanang/Editor: Mbayak Ginting
1 Tahun lalu, Dibaca : 820 kali


Enam jenis motif Batik Kasumedangan diperagakan dalam Lomba Berbusana Motif Batik Jawa Barat oleh OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

SUMEDANG, Medikomonline.comEnam jenis motif Batik Kasumedangan diperagakan dalam Lomba Berbusana Motif Batik Jawa Barat oleh OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Minggu (15/5/2022).

Lomba yang diikuti oleh 46 peserta ini merupakan rangkaian acara Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) tahun 2022, yang berlangsung selama tiga hari di Trans Conventions Center Bandung.

Enam jenis motif Batik Kasumedangan tersebut masing-masing diperagakan oleh dua instansi, yaitu Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) dengan Motif Binokasih, Tahu, Manuk Julang, Mahkota Binokasih, Kembang Wijayakusumah, dan Maung. Sedangkan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat memperagakan jenis Batik Kasumedangan dengan motif Kujang.

Kepala Bagian Biro Kesejahteraan Rakyat Bayu mengungkapkan, motif-motif batik Kasumedangan banyak yang menarik. Setelah ada event Lomba Berbusana Motif Batik Jabar dalam acara KKJ dan PKJB ini, kata dia, diharapkan bisa menambah lagi atensi terhadap Batik Kasumedangan supaya lebih dikenal lagi.

"Ternyata kita baru tahu motif Batik Sumedang ini banyak yang menarik, artinya setelah ada event ini bisa menambah atensi kita terhadap batik Sumedang supaya lebih dikenal lagi," ujarnya.

Sementara itu Analis Kebijakan pada Biro Kesra Provinsi Jawa Barat Imas mengatakan, Pemda dan Dekranasda Sumedang banyak memberikan masukan terhadap pemilihan motif-motif batik yang digunakan dalam lomba.

Tak hanya itu, kata Imas, pihaknya juga diberikan kepercayaan oleh  Meseum Prabu Geusan Ulun untuk menggunakan property Keraton Sumedang Larang. "Terimakasih atas dukungan dari Kabupaten Sumedang. Semoga kita bisa lebih bersinergi lagi kedepannya" tutupnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait