Loading

Tursyina MBU, Turing Yang Tidak Sekadar Menghabiskan Waktu dan Bahan Bakar


Penulis: Dadan Supardan
2 Tahun lalu, Dibaca : 714 kali


Tursyina MBU

BANDUNG, medikomonline.com – Hobi mengendarai motor tidaklah dilarang. Sebagaimana Rasulullah yang hobi berkuda. Hanya saja setiap harta, perbuatan yang kita miliki dan lakukan pasti akan dimintakan tanggung jawabnya nanti di akhirat. Tursyina adalah kegiatan menyalurkan hobi mengendarai motor tetapi dengan niat ibadah, menambah amal. Tujuannya, agar kendaraan yang kita miliki, bahan bakar yang dihabiskan, jarak yang ditempuh, dan waktu yang dipergunakan diharapkan mendapat ridho Allah dan menjadi catatan amal.

Alhamdulillah, pada tanggal 8 - 10 Oktober 2021, Muslim Bikers United melaksanakan Tursyina (Turing Syiar Nambah Amal) dengan tujuan Yogyakarta. Sekitar 35 motor dan 50 peserta bergabung dalam kegiatan ini, peserta dari Tangerang, Bogor, Bandung, Sumedang, Garut dan Surabaya. Acaranya utamanya adalah membagikan mushaf Alquran, kacamata baca bagi lansia, paket sembako, perlengkapan sholat, dll. Baksos dilaksanakan di lima tempat, satu di Gombong, dan empat lagi di Yogyakarta, yaitu di Masjid Al Barokah Kota Gede, di Masjid Muslim United, Masjid Roudlotul Jannah, dan Masjid Gandok Mulia. Di perjalanan MBU juga membagikan beberapa mushaf Quran di mushola, tukang parkir, pedagang kaki lima, dll.

Sepanjang perjalanan, peserta diharuskan untuk tetap tertib dan tidak arogan, membaur dengan pengguna jalan lain, dipandu oleh road captain, middle sweeper dan end sweeper. Sebagian besar peserta menggunakan alat komunikasi sehingga dapat mendengar komando dan arahan dari pengatur perjalanan.

Saat sesi perkenalan, banyak peserta yang baru pertama kali ikut acara Tursyina, menyampaikan rasa bangga dan keharuan dapat ikut turing. Ada yang baru pertama kali datang shalat shubuh berjamaah di Masjid Jogokariyan dan Masjid Muslim United, terkagum-kagum menyaksikan ramai dan makmurnya masjid; dan memberikan pelayanan maksimal kepada jamaah. Seperti di Masjid Jogokariyan, yang shalat shubuh diberikan kupon Rp10.000,00 yang dapat dibelanjakan di pasar warga yang diselenggarsakan di sekitar komplek masjid. Bisa untuk sarapan pagi, membeli makanan lainnya, dll.

Meskipun pada saat pulang peserta menghadapi tantangan kemacetan dan hujan, sehingga ada yang baru sampai rumah dini hari, tetapi pada umumnya peserta merasa puas dan senang. Berharap dapat ikut acara lainnya yang dapat meningkatkan keimanan dan menambah amalan. Salut kepada panitia yang sudah menyiapkan dan mengatur acara, dan seluruh peserta yang turut berpartisipasi dengan tertib dan teratur sehingga acara ini dapat terlaksana dengan zero accident.

Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Rumah Zakat, Sinergi Foundation, Cakrawala Tour, Al-Hilal Laziswaf, Alquran Alqosbah, Nibras House, serta MG Foundation yang sudah menyediakan safety car sekaligus ambulans/logistik yang membawa paket bantuan. Terima kasih juga kepada seluruh donatur yang tidak dapat disebutkan satu persatu, baik dari internal Muslim Bikers United, maupun dari rekanan lainnya. Semoga Allah membalasnya dengan balasan yang berlipat-lipat, dan tercata sebagai amalan kebajikan bagi semuanya.

Tag : No Tag

Berita Terkait