Loading

Hilman Hidayat Apresiasi Pengurus PWI Jabar Berhasil Lahirkan Regenerasi Muda


Penulis: Lucy
2 Bulan lalu, Dibaca : 124 kali


Ketua PWI Jabar saat melantik Ketua dan Pengurus PWI Kota Depok.

BANDUNG, Medikomonline.comKetua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat, Hilman Hidayat memberikan apresiasi kepada seluruh pengurus PWI Kabupaten Kuningan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Bekasi Raya, dan Kota Depok, saat ini telah berhasil melahirkan regenerasi muda yang baik.

Hal ini dikatakan Hilman Hidayat usai melantik kepengurusan PWI di 4 wilayah sekaligus yakni, PWI Kabupaten Kuningan Masa Bakti 2023-2026, PWI Kabupaten Bandung Barat Masa Bakti 2023-2026, PWI Bekasi Raya Masa Bakti 2024-2027, PWI Kota Depok Masa Bakti 2024-2027, di aula lantai 2 Sekretariat PWI Jawa Barat, Bandung, Rabu (26/06/2024).

Dalam kesempatan yang sama, Hendra Hidayat sebagai ketua PWI KBB dan 12 pengurus lainnya telah resmi menjalankan tugas sebagai pengurus PWI KBB hingga 2026 mendatang.

Hilman menyebut, Bandung Barat sendiri di era kepemimpinan ketua PWI sebelumnya (Agus Sudrajat.red) berhasil membina dan melahirkan regenerasi muda, ini menjadi sebuah trobosan dan perlu menjadi contoh bagi kabupaten/kota lain di Jawa Barat.

“Untuk PWI KBB saya beri opini, luar biasa di era kepemimpinan pak Agus Sudrajat (Ketua PWI KBB sebelumnya) yang sudah meletakan pondasi-pondasi keorganisasian,” tegas Hilman usai pelantikan.

Ditegaskannya, salah satu tugas penting dalam berorganisasi yakni melakukan regenerasi dengan memberikan ruang yang luas terhadap anggota-anggota yang muda.

“Salah satu tugas organisasi ya regenerasi nah KBB sudah memberikan contoh bagaimana regenerasi itu tujuan utama organisasi,” ujar Hilman.

Dengan regenerasi yang baik, tentunya akan melahirkan anggota-anggota PWI yang berkualitas dan hal tersebut berdampak baik terhadap organisasi.

“Bagi yang sudah lanjut usia (tua) tugas senior itu untuk mengayomi, mendorong serta mau terlibat untuk membina dan mau menjadi pembicara, nah yang bergerak ya yang muda-muda saja gitu,” papar Hilman.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Jawa Barat, Ahmad Syukri A mengatakan, dalam acara pelantikan pengurus PWI pihaknya memang sengaja mengadakan acara pelantikan sekaligus, tiga kabupaten dan satu kota di Jawa Barat dalam satu acara, maksudnya untuk memperkenalkan saudara satu almamater, agar ke depannya dapat menjalin hubungan yang baik antar anggota PWI.

“Persiapannya sendiri dua Minggu, Alhamdulillah di tiga kabupaten dan satu kota bisa dan menyetujui acara pelantikannya secara bersama yakni, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Bandung Barat, Bekasi Raya, Kota Depok,” ujarnya.

“Hari ini perdana serta dapat menjadi suatu trobosan baru, yang selama ini pelantikan PWI, selalu berjalan lama pasca konferensi bahkan ada yang hampir 1 tahun baru dilantik. Salah satu yang dapat menjadi alasannya yaitu menghemat waktu dan tenaga serta biaya,” ujarnya.

Ia pun menjelaskan, pasca pelantikan ini kami berharap kepada seluruh rekan-rekan pengurus PWI agar dapat, bisa langsung bekerja secara efektif dan efisien.

“Alhamdulillah acara pelantikan pengurus PWI berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala satu pun, kami tidak memberikan jamuan khusus, hanya biasa sederhana. Bagi teman-teman yang sudah dilantik agar patuh serta taat kepada PDPRT,” jelasnya.

Hal tersebut diamini oleh Ketua PWI Kabupaten Bandung Barat, Hendra Hidayat, usai dilantik pihaknya bersama seluruh jajaran pengurus akan bergerak cepat untuk merealisasikan program-program di setiap bidang.

“Dengan pelantikan pengurus PWI ini, kami akan siap berkerja merealisasikan program sesuai visi serta misi.Tentunya kami sudah merancang program yang akan digulirkan nantinya adalah meningkatkan kapasitas dan profesionalitas seluruh anggota PWI Jawa Barat," ungkapnya.

“Dalam waktu dekat kita akan segera melakukan konsolidasi dan komunikasi dengan berbagai mitra PWI,” tambahnya.

Selain menyiapkan program yang sifatnya internal pihaknya pun telag menyiapkan program yang berdampak luas bagi perkembangan atau kebutuhan masyarakat di Jawa Barat.

“Misalnya program pelatihan menulis dan membaca bagi siswa Pra sekolah dan juga mengedukasi masyarakat terkait pentingnya mengetahui informasi yang valid dan bukan berita hoaks,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia berharap dalam kolaborasi antar seluruh anggota PWI Jawa Barat yang harus tetap terjaga, solid dan harus kompak.

“Tentu besar harapan saya PWI Jawa Barat, akan lebih baik dalam kepengurusan serta dapat menjalin hubungan harmonis terhadap seluruh anggota PWI Jawa Barat, pada umumnya harus terus saling mendukung, solid dan bersama-sama memajukan organisasi PWI Jawa Barat yang kita cintai ini,” jelasnya.

Mantan Ketua PWI Kabupaten Bandung Barat Agus Sudrajat pun mengatakan hal yang sama, kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran PWI Jawa Barat yang mana berhasil melantik regenerasi muda dalam kepengurusan.

“Saya ucapkan terimakasih kepada ketua PWI Jabar, bapak Hilman Hidayat dan seluruh jajaran pengurus PWI Jawa Barat, yang telah memberikan apresiasi kepada seluruh pengurus PWI, yang mana harus dapat memberikan panutan, serta harus dapat membimbing generasi pengurus muda untuk berkiprah di jurnalistik,,” ujarnya

Agus yang juga sebagai pembina PWI KBB menjelaskan, di Bandung Barat sendiri, untuk pengurus PWI saat ini hampir seluruhnya struktur organisasi diisi anak-anak muda yang berpotensi dimasing-masing bidangnya.

“70 persen pengurus PWI Kabupaten Bandung Barat adalah anak muda, dan seluruhnya sudah mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW) baik tingkat Muda, Madya, maupun Utama,” tegasnya.

Kami pun memberikan apresiasi kepada PWI Jabar yang sudah menjadikan Kabupaten Bandung Barat, menjadi wilayah percontohan regenerasi kepengurusan muda PWI di Jawa Barat.

“Tadi pak Hilman menyebut bahwa KBB, adalah kabupaten yang memiliki regenerasi kepengurusan muda dan dapat menjadi contoh untuk wilayah lainnya, saya ucapkan terimakasih dan berharap kepengurusan yang sekarang bisa menjalankan roda organisasi dengan baik sesuai PDPRT, sukses dan semangat buat pengurus baru,” tutupnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Ketua PWI Kota Depok Rusdy Nurdiansyah menyampaikan komitmennya bahwa PWI pasti berperan aktif untuk menyokong pembangunan daerah demi peningkatan kesejahteraan masyarakyat.

“Program terdekat, PWI Kota Depok yaitu bekerja sama dengan erat pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat guna menyukseskan Pilkada Serentak 2024,” ujar Rusdy.

Kerja sama unsur pemilu daerah dengan PWI yang dimaksud, ungkap Rusdy, sesuai dengan amanat Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian kepada seluruh kepala daerah, terkait Pilkada Serentak 2024.

Menurut Rusdy, kebijakan Mendagri tersebut merupakan pengakuan atas eksistensi PWI dan pentingnya peran insan media dalam menyukseskan agenda nasional pemerintah.

Hal yang sama diutarakan juga oleh ketiga Ketua PWI lainnya, saat menyampaikan sambutan usai acara pelantikan pengurus PWI. (*/ Lucy)

Tag : No Tag

Berita Terkait