Loading

PENGURUS PWI JAWA BARAT MASA BAKTI 2021-2026 DIKUKUHKAN


Penulis: Soni J/Editor: Dadan Suparan
2 Tahun lalu, Dibaca : 401 kali


PENGUKUHAN PENGURUS PWI JAWA BARAT MASA BAKTI 2021-2026

BANDUNG, Medikomonline – Pengurus PWI Jawa Barat masa bakti 2021- 2026 dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua Umum PWI Pusat Atal Sembiring Depari di Aula Gedung Sate, Selasa 26 Oktober 2021.

Acara yang mengusung tema “Menyongsong Tantanan Baru PWI Jawa Barat tersebut dihadiri undangan dari Kejati Jabar, Forum Masarakat Tionghoa Peduli, Bank BJB dan Bjb syariah, PT Pos Indonesia, Summarecon Bandung serta dari unsur Forkopinda Jabar.

Ketua PWI Jawa Barat Hilman Hidayat usai pelantikan dan pengukuhan menyampaikan PWI berkomitmen untuk terus mendorong peningkatan kompetensi wartawan. Sesuai dengan semangat yang diusung dalam pelantikan dan pengukuhan pengurus periode 2021 - 2026 kompetensi wartawan adalah semangat yang ingin terus digelorakan dan diupayakan. Terlebih di tengah tatanan dunia baru yang membutuhkan pribadi-pribadi unggul dan berdaya saing.

Dikatakan, hal lain yang juga akan menjadi fokus pengurus yang baru adalah optimalisasi peran dan fungsi organisasi sebagai wadah profesi wartawan. Menurutnya, Jawa Barat merupakan daerah berjuluk "pabrik konten" dengan segala kreativitasnya. Hal itu tentu menjadi tantangan besar agar konten-konten yang tersaji bukan hoaks.

“Tantangan besarnya yakni mendukung pabrik konten baik dari sarana dan infrastrukturnya maupun kompetensi pembuat konten dalam hal ini wartawan,” tegasnya.

Senada dengan Hilman, Ketua Umum PWI Pusat Atal Sembiring Depari mengungkapkan di dalam era disrupsi media telah membuat perusahaan pers seolah runtuh dan tergerus. Hal itulah yang harus disikapi terus. Ke depannya menurut Atal wartawan harus mampu bersaing di tengah gencarnya arus digitalisasi khususnya arus media sosial.

“Jadi tantangan wartawan saat ini harus mampu menjadi sosok multitalenta, menguasai berbagai platform informasi baik itu vidio, narasi, serta berbagai keahlian lainnya," paparnya.

Atal juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang terus mendorong peningkatan kompetensi wartawan termasuk rencana mendorong uji kompetensi wartawan (UKW) bagi 1.000 wartawan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan, betapa pentingnya peran wartawan. Karenanya jika wartawan dijabat oleh yang tidak berkompeten maka dampaknya pun akan kurang baik. Untuk itu ia mendorong kompetensi wartawan.

“Ke depannya mari kita sama-sama mendorong agar semua wartawan di Jawa Barat dapat memiliki kopetensi. Perlu diketahui juga terinspirasi dari sosok wartawan, Jabar harus melahirkan dua inovasi yakni lahirnya Jabar Saber Hoaks dan Jabar Quick Response. Unit Kerja ini merupakan satu-satunya di Indonesia. Dua unit yang ada di Jawa Barat ini adalah hasil interaksi dengan wartawan,” tutur Kang Emil sapaan akrabnya Ridwan Kamil.

Dikatakan Unit Kerja Jabar Saber Hoaks tak lain sebagai upaya melawan koaks. Maka di unit ini setiap hari mencari berita-berita hoaks. Di samping mendorong kompetensi, Ridwan Kamil juga kembali menegaskan komitmennya untuk menyediakan perumahan khusus bagi wartawan.

“Kemarin ini sudah ada perumahan khusus untuk guru. Untuk ke depannya saya ingin menyiapkan perumahan untuk wartawan khususnya untuk anggota PWI dulu. Jadi silakan didata wartawan yang masih ngontrak. Insya Allah kita akan segera perjuangkan perumahan untuk wartawan,” tegas Kang Emil.                   

Bersamaan dengan pelantikan dan pengukuhan juga diberikan penghargaan kepada Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil dan Ketua KONI Jabar Ahmad Saefudin sebagai sport Personality of the year atas prestasi membawa Jawa Barat menjadi juara Umum PON XX Papua 2021.

Tag : No Tag

Berita Terkait