Loading

Pemilu Ke Depan Kepala Desa Harus Netral


Penulis: Herz_Cms
8 Bulan lalu, Dibaca : 214 kali


Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya, MM Melantik & Mengambil Sumpah Jabatan Kepala Desa Sindangasih, Kec. Banjarsari, Nurjamal, S. Pd, Hasil PAW di Aula Desa Sindangasih, Banjarsari.

CIAMIS, Medikomonline.com - Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kepala Desa Sindangasih, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis hasil Pergantian Antar Waktu (PAW) digelar Kamis siang (10/8/2023) di Aula Kantor Desa Sindangasih.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan kepala desa berlangsung dipimpin oleh Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya, MM dan berjalan penuh khidmat.

Hadir puluhan tokoh masyarakat sekitar, warga, para perangkat desa, unsur muspika kecamatan dan jajaran Pemerintah Kabupaten Ciamis.

Kepala Desa Sindangasih Kecamatan Banjarsari, Nurjamal SPd sebelumnya terpilih berdasarkan hasil musyawarah desa untuk memimpin di sisa waktu sampai dengan tahun 2027 mendatang, Bupati menekankan jangan ada rombak jabatan perangkat desa yang ada.

Foto : Foto Bersama Bupati Ciamis, Sekda, Kapolres (kiri), Wakil Dandim Ciamis (kedua kanan), Kejaksaan dan Kepala Desa Terpilih Hasil PAW, Nurjamal, S. Pd (seragam putih_peci) Usai Pelantikan.

Hal tersebut disampaikan Bupati dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya tidak menghendaki adanya bongkar pasang perangkat desa pasca terpilihnya Kepala Desa baik secara PAW maupun definitif.

"Biasanya ketika selesai pelaksanaan Pilkades baik definitif maupun PAW itu ada bongkar pasang perangkat desa dan kami tidak menghendaki hal tersebut.

Hal ini tentu demi menjaga situasi dan kondisi wilayah.

Dari pada merombak perangkat malah menjadi masalah baru atau menimbulkan kegaduhan sebagaimana yang tidak diinginkan lebih baik jangan dilakukan," ujar Bupati.

Ia menegaskan Kades mempunyai kewajiban untuk memberikan keyakinan serta kenyamanan pada perangkat desa supaya bisa bekerja bersama-sama membantu kepala desa dengan sebaik-baiknya.

"Manfaatkan dan kerjakan sesuai fungsinya masing-masing kalau itu semua dilaksanakan maka masyarakat akan aman nyaman dan kondusif, " Katanya.

Selanjutnya, Bupati juga berharap Kepala Desa terpilih dapat bekerja dengan tulus serta ikhlas dalam melayani masyarakat tanpa ditunggangi niat lain seperti untuk memperkaya diri sendiri.

"Laksanakan tugas sebagai Kades sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Ingat bahwa kita semua akan diminta pertanggungjawabanya kelak," Tegas Bupati.

Selain itu, memasuki tahun politik, Bupati Herdiat berpesan kepada Kepala Desa untuk dapat bersikap netral dengan tidak menunjukan keberpihakan pada seseorang maupun golongan.

"Hati-hati kuwu itu mempunyai hak pilih dan tidak dihilangkan hak pilihnya, Kuwu ini sebagai pemimpin di pemerintahan desa harus betul-betul netral tidak boleh ada keberpihakan pada seseorang atau golongan, saya berharap pesta demokrasi ini berjalan dengan aman, lancar dan kondusif, " Harapnya.

"Nikmati kepercayaan dan anugerah ini terutama amanah yang diberikan oleh para panitia yang mewakili seluruh warga masyarakat," pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Ciamis turut menyerahkan santunan terhadap puluhan anak yatim piatu yang berada di Desa Sindangasih yang bersumber dari Infak, Zakat dan Sodakoh para ASN Kabupaten Ciamis.  

 

Tag : No Tag

Berita Terkait