Loading

P3DW Kab. Garut Kolaborasi Bersama Bapenda Laksanakan Sosialisasi Intensifikasi PKB dan PBB 2023


Penulis: A Rohman/Editor: Dadan Supardan
1 Tahun lalu, Dibaca : 257 kali


Sosialisasi Intensifikasi PKB dan PBB 2023

GARUT, MedikomonlineBapenda Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten Garut melaksanakan sosialisasi Pajak Kendaraan Bermotor dan Pajak Bumi dan Bangunan perkotaan dan perdesaan. Sosialisasi dipimpin oleh Kepala P3DW Kab. Garut dan Bapenda Kab. Garut bertempat di aula Kantor Kec. Sukawening, Kamis 9 Maret 2023.

Hadir dalam kesempatan itu para Camat, Forkopimcam Sukawening dan Wanaraja, Kolektor kecamatan dan para kepala desa dari Kecamatan Karang Tengah, Sukawening, Pangatikan, Wanaraja, dan Sucinaraja serta dari unsur TNI dan Polri.

Camat Sukawening Jeje Jenal Abidin dalam sambutannya menyampaikan kebahagiaannya dapat diselenggarakan sosialisasi di aula kantor baru Kec. Sukawening sehingga pihak bapenda provinsi dan kabupaten pun bisa melihat langsung kantor baru yang merupakan program kegiatan Pak H. Rudy Gunawan di tahun terakhir periode beliau sebagai Bupati.

Dikatakan, sesuai arahan pak Bupati dan Pak Sekda, pihak kecamatan maupun desa berkewajiban untuk membantu menggali sumber-sumber pendapatan daerah baik itu untuk pajak provinsi maupun pajak kabupaten, karena walaupun pajak kendaraan itu merupakan pajak provinsi tetapi setiap tahunnya dibagi hasilkan kepada kabupaten untuk membiayai pembangunan dan menjadi bagian yang dibagihasilkan pula ke desa desa.

“Terlebih Pajak Bumi dan Bangunan yang merupakan pajak daerah kabupaten. Untuk itu saya berharap para kepala desa dapat lebih fokus dalam upaya intensifikasi pajak ini,” tambah Jeje.

Hal senada disampaikan oleh Kapolsek dan Dandramil Sukawening yang berkesempatan memberikan sambutan berikutnya. Beliau menambahkan agar ada upaya menciptakan sinergitas antar pemerintahan untuk Bersama-sama membangun pemahaman masyarakat akan pentingnya membayar pajak.

Kepala P3DW Kab. Garut Dadan Sufyan menyampaikan bahwa sosialiasi intensifikasi PKB dan PBB merupakan kolaborasi antara Bapenda Provinsi dengan Bapenda Kab. Garut sebagai tindaklanjut PKB antara Pemprov Jabar dan Pemkab Garut terkait sinergitas optimalisasi pendapatan daerah dalam upaya mengakselerasi pendapatan asli daerah sesuai dengan kewenangan masing-masing.

Ia berharap melalui kegiatan ini para peserta yang merupakan aparat negara serta tokoh masyarakat dapat mendorong masyarakat di wilayah untuk taat bayar PBB dan PKB tepat waktu dan pada giliranya memberikan entry point bagi raihan pendapatan daerah, khususnya target bagi hasil dari provinsi ke Kabupaten Garut yang berjumlah kurang lebih 280 miliar untuk tahun 2023.

Bapenda Garut yang diwakili Kepala Bidang Penagihan, Idir Irsad menyampaikan bahwa keberlangsungan pembangunan termasuk penyediaan anggaran untuk pembangunan di desa tergantung pada ketersediaan dana pada APBD dan salah satu sumber penerimaan APBD adalah PBB dan PKB yang wajib pajaknya paling banyak, sehingga akselerasi pencapaian targetnya bergantung pada kesadaran masyarakat.

“Penyadaran inilah yang menjadi tanggung jawab kita bersama. Penyadaran masyarakat akan pentingnya membayar pajak PBB dan PKB yang perlu kita pupuk bersama demi keberlangsungan roda pembangunan di Kab. Garut,” pungkasnya. 


Tag : No Tag

Berita Terkait