Loading

Advokasi Desa Siaga Harus Menjadi Pilar Kesehatan di Masyarakat


Penulis: Herz_Cms/Editor: Mbayak Ginting
1 Tahun lalu, Dibaca : 385 kali


Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis, Dr. H. Tatang, MPd

CIAMIS, Medikomonline.com - Arti pentingnya kesehatan jasmani dan rohani bagi setiap warga juga perlu perhatian pemerintah. Kesehatan merupakan tugas negara pula dalam menjaga/melindungi atau bahkan menghilangkan, syukur meniadakan penyakit.

Hal tersebut dikemukakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis Dr H Tatang MPd, Senin (29/08/2022) di Hotel Tyara Plaza Ciamis saat memberi materi sekaligus membuka acara pada kegiatan “Advokasi Desa Siaga”.

Menurut Sekda, Desa Siaga merupakan desa yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dalam kemampuan dan kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan, bencana, dan kegawatdaruratan kesehatan secara mandiri.

Selain mengapresiasi, Tatang mengemukakan pentingnya kualitas kebijaksanaan dalam kesehatan. “Ini perlu bimbingan atau arahan pemerintah desa kepada masyarakatnya,” ujarnya. 

Foto ; Sekda Ciamis, Kadis Kesehatan dr. H. Yoyo, MM,Kes dan pemateri lainnya.

Tujuan dari kegiatan Advokasi Desa Siaga ini yakni agar dapat tersampaikannya hasil pelaksanaan desa siaga di Kabupaten Ciamis serta mampu menjaga atau waspada masyarakat terhadap segala penyakit di lingkungannya.

Sampai saat ini dari 258 desa yang ada di Kabupaten Ciamis, baru 116 yang dinyatakan sebagai desa siaga.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, diikuti 109 orang peserta terdiri dari Kepala desa, Kepala Puskesmas dan para tamu undangan lainnya.

 

"Saya sampaikan apresiasinya kepada Kepala Dinas Kesehatan beserta jajaran atas terselenggaranya kegiatan advokasi Desa Siaga. Insya Allah kegiatan ini bisa bermanfaat bagi kita semua, utamanya bagi masyarakat Kabupaten Ciamis," ungkapnya.

Di akhir sambutannya, Sekda Ciamis mengingatkan untuk tetap waspada dan tetap menerapkan Protokol Kesehatan mengingat Pandemi Covid-19 sampai dengan saat ini masih ada.

"Kami imbau kepada semuanya, walaupun Covid-19 di Kabupaten Ciamis sudah melandai, agar tetap waspada dan tetap menerapkan Prokes. Semua itu demi keselamatan kita bersama," pungkasnya. 

Tag : No Tag

Berita Terkait