Loading

Bupati Subang Ajak Percepatan Vaksinasi, Puskesmas Diberi Reward


Penulis: IthinK
2 Tahun lalu, Dibaca : 789 kali


Bupati Subang H Ruhimat (Foto: Hms Subang)

SUBANG, Medikomonline.com - Bupati Subang H Ruhimat mengajak percepatan vaksinasi Covid-19 untuk memberikan ketahanan tubuh warga, sehingga tidak terjadi wabah covid fase ke-3 di Kabupaten Subang.

"Tolong dikaji untuk betul-betul wabah lanjutan tidak masuk ke Kabupaten Subang," ujar Kang Jimat, panggilan akrab Bupati Subang dalam rapat koordinasi Akselerasi Vaksinasi dan Pilkades Serentak di Aula Abdul Wahyan, Rumah Dinas Bupati Subang, Senin (13/12/2021).

Bupati mengajak semua pihak untuk melakukan tugas dengan sebaik mungkin dan mengajak para warganya untuk divaksin, sehingga target 70% dapat segera tercapai dan Kabupaten Subang dapat turun ke level 1 PPKM.

Kang Jimat juga akan memberikan reward dan punishment terhadap Puskesmas yang memiliki persentasi tertinggi dan terendah, seperti bendera warna hijau untuk 5 kecamatan dan Puskesmas dengan capaian vaksinasi tertinggi serta bendera warna hitam untuk 5 Puskesmas dengan capaian vaksinasi rendah.

Lanjut Bupati, reward dan punishment ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi dalam percepatan vaksinasi sehingga target 70% segera tercapai.

Terkait target tiap kecamatan, Kang Jimat meminta pembagian target harus proporsional, dan meminta Kadisdukcapil untuk dapat menyinkronkan data NIK sehingga tenaga pelaksana mendapat kemudahan.

Sesuai arahan Bupati Subang dalam percepatan vaksinasi menuju level 1, Sekda Subang H Asep Nuroni telah membagi target capaian vaksinasi untuk dosis pertama berdasarkan klaster.

Pembagian klaster tersebut berdasarkan pertimbangan adanya ketimpangan antara satu Puskesmas dengan Puskesmas lain. Klaster tersebut sendiri dibagi menjadi empat.

Klaster 1, Persentase 61%-70% dengan target capaian vaksinasi sebanyak 1.000 warga, yaitu 5 Puskesmas (Gunung Sembung, Pringkasap, Tambakdahan, Mariuk, dan Sagalaherang).

Klaster 2, Persentase 51%-60% dengan target capaian vaksinasi sebanyak 2.000 warga, yaitu 15 Puskesmas (Batangsari, Serangpanjang, Cikalapa, Palasari, Jatibaru, Rawalele, Cibogo, Pagaden Barat, Pagaden, Mandalawangi, Jalancagak, Cirangkong, Tanjungwangi, Cisalak, dan Tanjungsiang).

Klaster 3, Persentase 41% - 50% dengan target capaian vaksinasi sebanyak 3.000 warga, yaitu 15 Puskesmas (Jatireja, Pabuaran, Blanakan, Cilamerigirang, Purwadadi, Kalijati, Legonkulon, Compreng, Kasomalang, Binong, Pamanukan, Patokbeusi, Rancabango, Cikaum, dan Cipendeuy).

Klaster 4, Persentase 31%-40% dengan capaian target sebanyak 5.000 warga, yaitu 5 Puskesmas (Karanganyar, Sukarahayu, Pusakanagara, Cipunagara, dan Ciasem).

Asep Nuroni menyampaikan, dengan adanya pembagian klaster tersebut, dapat mencapai target sebanyak 105.000 warga dan akan melebihi target.

Asep juga berpesan kepada Kadisdik Subang untuk support data kondisi kesehatan sekolah, untuk dapat memberikan pemahaman kepada para orang tua siswa, di mana sasaran saat ini telah mencakup siswa sekolah.

Selain itu, Sekda juga meminta kepada Puskesmas untuk mampu memvaksin 50 orang lansia per Puskesmas selama 5 hari ke depan. 

Tag : No Tag

Berita Terkait