Loading

Kota Depok Jaring 24 ODGJ Berat, dan Langsung di Evakuasi Masal ke PKJN-RSJMM


Agus/Manah
8 Bulan lalu, Dibaca : 234 kali


AGUS/MANAH/MEDIKOMONLINE.COM Foto bersama

KOTA DEPOK, Medikomonline.com - Tim Pendamping Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Gabungan se-Kota Depok menjaring sebanyak 24 ODGJ berat dan langsung di Evakuasi masal ke Pusat Kesehatan Jiwa Nasional Rumah Sakit Dokter Haji Marzoeki Mahdi (PKJN-RSJMM) Bogor. Tim Pendamping ODGJ gabungan tersebut terdiri dari unsur, Dinas Sosial, Disnas Perhubungan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Satuan Polisi Pamong Praja, Puskesmas, Kader, PSM, TKSK, Tim 119, yang dilepas langsung oleh Drs. R. Gandara Budiana, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial dan drg. Asloe'ah Madjri, MKKK, Kepala Dinas Sosial Kota Depok bersama Iyep Yudiana, SKM. MKM, PJ. Lintas Sektor dan Integrasi di Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) PKJN-RSJMM Bogor, dalam kegiatan Pelayanan Kesehatan Jiwa, Pemeriksaan dan Evakuasi Masal ODGJ Berat se-Kota Depok. Kegiatan tersebut digelar di Aula Perpustakaan Kota Depok, yang berlokasi di Komplek Balai Kota Depok, Jalan Margonda No.54, Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat 16431, pada Rabu (30/8/2023).

"Alhamdulillah 25 ODGJ berhasil dijaring oleh Tim Pendamping ODGJ Gabungan se-Kota Depok, yang menelusuri 11 Kecamatan dan 63 Kelurahan se-Kota Depok, yang dibawa oleh Tim Pendamping ODGJ atau dibawa langsung oleh keluarga ke lokasi acara pemeriksaan di halaman gedung perpustakaan Balai Kota Depok," papar Iyep kepada awak media.

Selanjutnya, 10 Anggota Tim Pelayanan Kesehatan Jiwa PKJN-RSMM, yang dipimpin oleh dr. Ira Savitri Tanjung, Sp.KJ (K) dan dr. Joan Sandra bersama tim Perawat jiwa, Penyuluh kesehatan, Pekerja sosial medis, berhasil memeriksa ke-25 ODGJ yang datang dan menetapkan 24 ODGJ berat untuk dilakukan evakuasi masal. Ke 24 ODGJ berat tersebut akan mendapatkan perawatan, pengobatan serta rehabilitasi di PKJN-RSJMM. 

"Sedangkan 1 (satu) ODGJ lainnya dilakukan rujukan ke Rumah Sakit Umum (RSU) setempat, agar mendapatkan perawatan penyakit fisik yang dideritanya," ujar Iyep.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok dr. Mary Liziawati, bersama tim dinkes lainnya dan tim kesehatan jiwa dari 38 Puskesmas se-Kota Depok, menyerahkan ke 24 ODGJ dihadapan ratusan peserta yang hadir, kepada PKJN-RSJMM, dan langsung melepas semua ODGJ untuk masuk kedalam armada bus yang telah disiapkan oleh PKJN-RSJMM. Yang sebelumnya ke 24 ODGJ telah dilakukan pemeriksaan badan dan barang bawaanya oleh tim Satpol PP, Dishub, Dinsos, Dinkes, Puskesmas. 

"Saya berterima kasih kepada PKJN-RSJMM Bogor yang telah bekerjasama dan bersama-sama untuk menjaring ODGJ yang ada di Kota Depok, bahkan langsung di Evakuasi masal," terang dr. Mary Kadinkes Kota Depok.

Perlu diketahui Ke-24 ODGJ hasil penjaringan se-Kota Depok, berhasil dievakuasi ke PKJN-RSJMM Bogor dengan aman dan lancar, dan langsung menempati 6 bangsal ruang rawat jiwa yang telah disediakan di PKJN-RSJMM. Stop Pemasungan dan Penelantaran ODGJ. Sehat Jiwa : Pulih, Produktif dan Mandiri.

Tag : No Tag

Berita Terkait