Loading

Nakes Terpapar Covid-19, Dua Puskesmas di Pantura Subang Ditutup


Penulis: Mala/Editor: Mbayak Ginting
3 Tahun lalu, Dibaca : 1213 kali


Puskesmas Pusakajaya kondisi ditutup (Foto: Mala)

SUBANG. Medikomonline.com – Kasus terpapar Covid-19 di Kecamatan Pusakanagara dan Pusakajaya  Kabupaten Subang, saat ini terus naik tidak terkendali. Tenaga kesehatan (Nakes) juga terpapar Covid-19.

Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Subang dr. Maxi kepada Medikomonline.com, Jum’at (22/1/2021) mengatakan, “Kami Satgas Covid-19,  terpaksa menutup 2 Puskesmas di wilayah Pantura Subang.”

Kedua Puskesmas tersebut ditutup masing-masing yaitu Puskesmas  Puskesmas Pusakanagara dan Karang Anyar Pantura Kabupaten Subang.

“Hal tersebut dikarenakan ada puluhan medisnya terpapar Covid-19, saat ini para medis sedang diisolasi mandiri,“ ujar dr. Maxi.

Hal senada diungkapkan  oleh Camat Pusakanagara Drs Muhamad Rudi. Ia menjelaskan, dua  Puskesmas di Pantura Subang tersebut ditutup  sejak hari  Selasa lalu dan berakhir kemarin.

“Puskesmas tersebut rencana akan  buka lagi setelah dilakukan sterilisasi, dan memang yang terpapar  Covid-19 terus melesat,” katanya.

Rudi mengharapkan masyarakat Pantura Subang agar selalu mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19, khususnya di wilayah Kecamatan Pusakanagara Subang. “Saat ini terserang dan positif Covid-19, para nakes jadi harus hati-hati,” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Pusakajaya Drs Vino Subriadi yang juga sebagai Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan Pusakajaya mengatakan, sterilisasi mulai dilakukan sejak tanggal 21 - 24 Januari. Rencananya pada Senin depan, Puskesmas Karanganyar akan kembali buka.

“Dengan dilakukan sterilisasi serta dilakukan Swab Antigen bagi para nakes,” jelasnya.

Kasus positif Covid-19 di Pusakanagara  sebanyak 161 orang,  terkonfirmasi sebanyak 77 orang, dan   29 orang selesai isolasi atau sembuh. Suspek sebanyak 109 orang, dan 106 orang  selesai pengawasan atau sembuh.

Kontak erat  2 orang dan selesai pengawasan. Sedangkan yang meninggal dunia 3 orang, 2 orang dari pasien konfirmasi dan 1 orang dari pasien suspek, dan belum selesai pemantauan dan pengawasan  sebanyak 47 orang  dari konfirmasi.

Sedangkan Kecamatan  Pusakajaya  sebanyak  203 orang, konfirmasi sebanyak 37 orang, dan 18 orang selesai isolasi atau sembuh.

Suspek sebanyak 180 orang, dan 179 orang selesai pengawasan atau sembuh, kontak erat 1 orang selesai,  dan meninggal  1 orang, dan 1 orang dari pasien konfirmasi atau positif, belum selesai pemantauan pengawasan sebanyak 14 orang  dan tiga orang konfirmasi dan  1 orang suspek. 

Tag : No Tag

Berita Terkait