Loading

Teladan, Warga Kacapiring Rela Tempat Tinggalnya Jadi Isolasi Mandiri Covid-19


Penulis: IthinK
2 Tahun lalu, Dibaca : 525 kali


Warga Kelurahan Kacapiring, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung dengan sukarela memberikan tempat tinggalnya jadi tempat isolasi mandiri. (Foto: Humas Bandung)

BANDUNG, Medikomonline.com – Sikap teladan yang ditunjukkan salah satu warga RT 2/RW 1 Kelurahan Kacapiring, Kecamatan Batununggal Kota Bandung patut diacungi jempol.

Di tengah pandemic Covid-19 yang masih mewabah di Kota Bandung, warga Kacapiring ini dengan sukarela memberikan tempat tinggalnya menjadi tempat isolasi mandiri (Isoman) bagi warga sekitar yang terpapar Covid-19.

Meskipun pemilik rumah tersebut tidak disebutkan namanya, setidaknya pengurus RW 1 Kelurahan Kacapiring dapat menggunakan rumah tersebut untuk menjadi tempat Isoman.   

Di rumah yang bercat putih tersebut,  saat ini ada satu keluarga yang melakukan Isoman. “Saat ini ada 1 keluarga yang sedang di isolasi mandiri. Sebelumnya ada empat tapi sudah keluar,” kata Ketua RW 1 Kelurahan Kacapiring Euis Ratna memuji kepedulian pemilik rumah tersebut, Kamis (1/7/2021).

Keteladanan yang sama juga ditunjukkan Ketua RW 1 Kelurahan Kacapiring Euis Ratna dengan membantu keluarga yang sedang melakukan Isoman di rumah tersebut.  

Dengan sukara rela, Euis memastikan, pihaknya juga turut bertanggung jawab memenuhi kebutuhan para warga yang terpapar selama menjalankan Isoman. Termasuk terus berkoordinasi dengan Puskesmas.

“Kami sepakat dengan pengurus yang lain, tidak akan membebankan masyarakat. Jadi keuangan RW dan RT, kita pergunakan untuk membiayai warga selama isoman 14 hari,” jelas Euis menggambarkan sikap gotong royong dan saling membantu antara pengurus RT dab RW.

“Prosedurnya setiap ada yang terpapar saya langsung lapor ke kelurahan untuk pendataan dan ke Puskesmas untuk tindak lanjut. Biasanya setelah ada laporan, Puskesmas minta KK dan KTP dan hasil swab, besoknya keluarganya langsung ditindak lanjut untuk di-swab juga,” ungkap Euis dengan semangat.

Sikap saling membantu antara warga di RT 2/RW 1 Kelurahan Kacapiring sampai kepada Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bandung Ema Sumarna. Kepedulian warga RW 1 Kelurahan Kacapiring dalam penanganan pandemi Covid-19 mendapat apresiasi dari Ema Sumarna.

Mengenakan baju khas Sunda berwarna hitam, Ema Sumarna mengunjungi rumah warga yang menjadi tempat Isoman bagi warga yang terpapar Covid-19 di di RT 2/RW 1 Kelurahan Kacapiring, Bandung, Kamis (1/7/2021).

“Jadi kalau saya lihat dari perspektif empirik, alhamdulillah ada kelebihan yang bisa membanggakan. Yaitu rasa kepedulian, kebersamaan dengan segala keterbatasan masyarakat. Kepedulian yang dibangun oleh RT, Bu RW di mata saya luar biasa,” ujar Sekda Kota Bandung Ema Sumarna yang mengenakan Iket Khas Sunda berwarna biru di kepalanya saat meninjau lokasi rumah Isoman tersebut.

“Orang-orang seperti ini di Bandung harus terus kita bangun. Karena kepeduliannya tinggi, maka mereka berikan untuk tetangganya yang memerlukan fasilitas. Itu poin yang sangat luar biasa,” tegas Ema memberikan motivasi kepada warga.

Menurut Ema, kolaborasi pemerintah dan masyarakat merupakan nilai penting dalam membangun kepercayaan diri untuk melawan pandemi Covid-19. Saat ini sudah ada 508 rumah Isoman yang tersebar di beberapa RW di Kota Bandung.

Rumah isolasi ini diperuntukan bagi warga setempat yang mengalami OTG (orang tanpa gejala) atau yang bergejala ringan dan sudah mendapatkan rekomendasi dari Puskesmas untuk menajalankan Isoman.

“Idealnya tempat Isoman seperti ini diperbanyak. Jadi nanti tidak semua ke RS (rumah sakit). RS di Kota Bandung sudah berat. Bahkan sudah ada yang menutup pelayanan karena sudah tidak ada tempat tidur,” papar Ema mengimbau warga.

Tag : No Tag

Berita Terkait